Sukses

Nikon 1 J5, Kamera Mirrorless Mungil dengan Kemampuan Setara DSLR

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun memiliki ukuran bodi mungil (98,3 x 59,7 x 31,5 mm), kamera mirrorless Nikon 1 J5 diklaim memiliki kemampuan hampir setara dengan kamera DSLR profesional.

"Kamera ini ditopang image processsor Expeed 5A, yang hampir setara dengan sensor yang dibenamkan di kamera DSLR full frame Nikon D5," kata fotografer profesional Johnny Hendarta, Selasa (19/4/2016) di bilangan Mangga Dua, Jakarta.

Untuk diketahui, Nikon D5 sendiri merupakan kamera DSLR kasta tertinggi Nikon yang membidik pasar fotografer profesional. Diperkuat dengan image processsor Expeed 5, Nikon D5 dibanderol Rp 80 jutaan (body only).

"Bodinya yang mungil, membuat Nikon 1 J5 nyaman dibawa untuk traveling. Desainnya pun terlihat stylish sehingga cocok untuk anak muda. Selain membidik pasar pemula, kamera ini juga bisa dijadikan second camera bagi para profesional," ujar Johnny.

Soal spesifikasi, kamera mirrorless ini dilengkapi sensor 20,8 megapiksel (MP)--pendahulunya 18,4 MP. Ukuran sensor masih sama seperti Nikon seri 1 sebelumnya, J4, yaitu 1 inci dengan crop factor 2,7x. Dengan spesifikasi tersebut, kamera ini sanggup melakukan pengambilan gambar 60 fps.

Johnny Hendarta di Peluncuran Nikon Nikon 1 J5. Liputan6.com/Iskandar
Bukan itu saja, Nikon 1 J5 juga dapat merekam video 4K, namun kecepatannya terbatas yaitu 15 fps. Untuk display, kamera ini dilengkapi layar 3 inci yang bisa diputar ke atas hingga 180 derajat untuk pengambilan foto selfie dan bisa diputar ke bawah hingga 90 derajat yang memungkinkan pengguna mengambil foto dari berbagai angle.

Di bagian sisi bodi tertanam port micro-HDMI dan USB. Ada pula slot kartu memori jenis microSD yang bisa ditemukan di sebelah baterai di bagian bawah bodi.

Nikon juga membenamkan tombol putar/dial PASM untuk mengubah modus exposure. Tersedia juga tombol putar kedua yang berfungsi untuk membantu pengaturan kamera.

Untuk kenyamanan, Nikon 1 J5 dipersenjatai grip yang terbilang besar. Soal harga, kamera ini dibanderol di bawah Rp 5 juta, yang dipaket dengan lensa 10-30mm (equiv 27-81mm) F3.5-5.6.

(Isk/Why)