Sukses

Vivo Jadi Vendor Pertama yang Pakai RAM 6GB di Smartphone?

Liputan6.com, Jakarta - Era smartphone yang mengusung kapasitas RAM besar tampaknya kian dekat. Vendor asal Tiongkok, Vivo, secara terang-terangan akan menyematkan RAM besar di smartphone terbarunya.

Kepastian ini diketahui langsung dari pemberitahuan di akun Weibo milik Vivo. Mengutip informasi dari laman IB Times, Rabu (24/2/2016), Vivo mengungkapkan bahwa smartphone terbarunya, XPlay 5, akan dibekali RAM 6GB dan chipset Snapdragon 820.

Melalui pengumuman ini, besar kemungkinan VivoXplay 5 akan menjadi smartphone pertama di dunia yang mengusung RAM 6GB. Sebab, sampai saat ini, RAM terbesar yang umum digunakan di smartphone adalah 4GB. Oleh sebab itu, bukan tak mungkin, Vivo akan membuat standar baru dalam penggunaan RAM di smartphone.

Sebagai informasi, RAM atau Random Access Memory sering disebut komponen yang paling penting dari sebuah smartphone. Komponen ini menjadi salah satu faktor yang menentukan performa sebuah smartphone.

Secara teoretis, makin besar kapasitas RAM yang digunakan, performa smartphone tersebut makin efisien. Namun, besarnya RAM tak melulu menjadi patokan sebuah smartphone berjalan dengan baik. 

Di sisi lain, dalam keterangan tersebut, Vivo belum memerinci informasi lain terkait Vivo XPlay 5 ini, termasuk harga dan spesifikasi. Namun, dari beberapa informasi yang berhasil dihimpun, Vivo Xplay 5 akan menggunakan layar QHD berukuran 6 inci dan melengkung di kedua sisinya.

Selain itu, Vivo XPlay 5 diperkirakan akan menggunakan kamera belakang 16 MP dan kamera depan 8MP. Tak hanya itu, smartphone ini juga akan dibekali baterai yang tergolong besar, yakni 4300mAh. Rencananya, smartphone ini mulai diperkenalkan pada 1 Maret mendatang.

Sebelumnya, perusahaan lain yang juga dikabarkan akan menggunakan RAM 6GB adalah Samsung. Dalam bocoran informasi seorang blogger asal Tiongkok, perusahaan asal Korea Selatan itu dikabarkan bakal mengusung RAM 6GB di Galaxy Note 6.

Kendati sebatas isu, nyatanya tidak banyak yang menyangsikan kabar tersebut. Sebab, Samsung sendiri dikenal telah banyak merilis smartphone dengan RAM berkapasitas besar. Beberapa flagship smartphone Samsung yang hadir dengan RAM besar adalah Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy Note 5, dan Samsung Galaxy S7 yang baru saja diluncurkan

(Dam/Why)