Sukses

Moverio BT-300, Kacamata Pintar Besutan Epson untuk Korporasi

Kacamata pintar terbaru dari Epson ini hadir dengan beberapa pembaruan, salah satunya teknologi layar yang lebih mumpuni

Liputan6.com, Jakarta - Di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2016 tak sedikit perusahaan teknologi yang berlomba memamerkan produk atau pengembangan perangkat terbaru. Salah satu perusahaan yang turut serta di gelaran tersebut adalah Epson.

Perusahaan asal Jepang ini baru saja memperkenalkan kacamata pintar terbaru besutannya, yakni Moverio BT-300. Mengutip informasi dari laman Tech Crunch, Rabu (24/2/2016), kacamata pintar ini hadir dengan beberapa pembaruan, salah satunya adalah sistem layar yang disebut Si-OLED (Silicon Organic Light-Emitting Diode). 

Menurut Product Manager Epson Amerika Utara, Michale Leyva, penggunaan teknologi ini memungkinkan Moverio BT-300 menghasilkan warna hitam yang lebih asli dan dalam. Penggunaan teknologi ini merupakan langkah penting sebab biasanya lensa kacamata pintar tidak dapat mengenali hitam sebagai sebuah sebuah warna. Hal tersebut menyebabkan penangkapan warna hitam akan ditampilkan sebagai sesuatu yang transparan.

Oleh sebab itu, teknologi yang diusung oleh Epson melalui Si-OLED ini dianggap dapat menyelesaikan masalah tersebut. Dengan demikian, kacamata pintar ini mampu menampilkan warna yang lebih asli dan sesuai dengan kondisi dunia sebenarnya. 

Di samping penggunaan teknologi layar baru, Epson juga telah mengurangi bobot Moverio BT-300 hingga 30 persen. Selain itu, kacamata ini juga dbekali chipset Intel Atom 5 dan berjalan di Android 5.1 Marshmallow. Epson juga mengganti kamera depan Moverio BT-300 menjadi 5MP dari yang sebelumnya VGA.

Namun perlu diketahui, Epson masih menyasar korporasi atau industri pengembang aplikasi sebagai pengguna kacamata pintar ini. Kendati demikian, Leyva mengatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan kacamata ini nantinya dapat menunjang penggunaan di bidang lain, seperti pendidikan, hiburan, termasuk mengemudikan drone. 

Sayangnya, Epson belum memberikan detail lengkap mengenai banderol harga Moverio BT-300. Namun, menilik harga seri sebelumnya, ada kemungkinan harga kacamata ini tidak berbeda jauh, yakni sekitar US$ 800 atau Rp 10 juta. Di samping itu, Epson sendiri merencanakan kacamata pintar ini mulai dikapalkan pada kuartal keempat tahun ini. 

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini