Sukses

Telkom Migrasi Jaringan Serat Optik di Kawasan Industri Semarang

Modernisasi dilakukan dengan menggelar kabel fiber optik untuk memberikan layanan TIK terbaik, terutama ke pelanggan enterprise dan business

Liputan6.com, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melakukan modernisasi jaringan dan infrastruktur di Kawasan Industri Terboyo Semarang (KITS). Langkah ini merupakan bagian dari Program Migrasi Infrastruktur dan Services (PROMIS) di Kawasan Bisnis dan Industri di seluruh Indonesia. 

Dalam siaran rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (20/2/2016), modernisasi ini dalam bentuk penggelaran teknologi Fibre to The High End Market untuk memberikan layanan TIK terbaik kepada masyarakat, khususnya kepada pelanggan enterprise dan business service. 

"Ini menjadi komitmen kami untuk memberikan new experience kepada pelanggan, khususnya pelanggan di Kawasan Industri Terboyo ini," ujar Abdus Somad Arif, Direktur Network & IT Solution Telkom di Semarang, Jumat (19/2/2016) kemarin.

Abdus berujar Telkom harus melakukan modernisasi infrastruktur, terutama yang berkaitan dengan berakhirnya masa pakai perangkat (obselete) dan perkembangan teknologi terkini. Adapun, kata Abdus, modernisasi jaringan ini sudah dilakukan sejak 2011 dan diestimasi rampung pada 2021 mendatang.

Artinya, seluruh jaringan Telkom untuk enterprise dan business sudah terkover teknologi Fibre to The High End Market dengan optimalisasi Multi Dwelling Unit (MDU/Pusat Terminasi Layanan Broadband) pada 2021. Dengan begitu, anak usaha BUMN ini dapat memberikan New Customer Experience melalui Layanan Triple Play. 

Menurutnya, apabila Telkom tak melakukan modernisasi jaringan, akses kecepatan yang didapat pelanggan maksimal hanya 4 Mbps. Sementara, serat optik mampu menghasilkan bandwith hingga 100 Mbps. 

Di samping itu, modernisasi jaringan merupakan salah satu langkah Telkom untuk menyediakan akses pita lebar ke seluruh pelosok Indonesia sehingga dapat mendorong aktivitas ekonomi berbasis digital. 

Sekadar diketahui, Kawasan Industri Terboyo Semarang berlokasi di Kecamatan Genuk. Kawasan ini dibangun pada area seluas 300 hektar dan dikelola oleh PT Merdeka Wirastama.

(Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini