Sukses

3DM, Grup Pembajak Game Terbesar di Dunia Berhenti Beroperasi

Grup pembajak ternama di dunia ini akan berhenti beroperasi sementara untuk melihat dampak game bajakan terhadap penjualan game original.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali tahun baru Imlek, grup pembajak paling besar dan ternama di dunia, 3DM mengumumkan akan berhenti beroperasi untuk membajak game (gim) PC. Hal ini terungkap dari Bird Sister--pimpinan 3DM--lewat blog pribadinya.

Bird Sister juga menyebutkan kalau cracker luar negeri dan grup warez yang membagikan (share) gim bajakan di 3DM sudah tidak akan bisa lagi.

Beberapa waktu lalu 3DM juga secara terang-terangan menyebutkan mereka tak bisa meng-crack gim Just Cause 3 karena masalah proteksi yang dibuat oleh Denuvo. Secara pribadi, Bird Sister juga memberikan opini perihal proteksi di dalam gim, yang akan menjadi akhir dari gim bajakan.

Seperti yang dilansir dari Gameranx, Jumat (12/2/2016), 3DM berhenti membajak gim bukan karena Denuvo. Mereka berhenti karena ingin mengambil bagian dalam sebuah eksperimen yang menarik terhadap pasar dan industri gim. Apakah peningkatan atau perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Selain meng-crack banyak gim PC, 3DM juga melakukan beberapa pekerjaan legal untuk komunitas gaming di Tiongkok. Mereka tetap membantu menerjemah dan melokalisasi gim-gim dari luar Tiongkok agar bisa dinikmati gamer di sana.

Pengumuman 3DM berhenti sementara ini cukup menarik. Mengapa mereka memilih 'berhenti' setelah mulai 'mengerjakan' gim yang Denuvo lindungi? Sebenarnya 3DM bukan satu-satunya grup online cracker, namun mereka adalah salah satu grup cracker terbesar yang pernah ada. 

Cukup menarik untuk melihat dampak 'berhenti' operasinya 3DM akan mempengaruhi dunia gim bajakan atau tidak. Menurut Anda bagaimana?

(Ysl/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini