Sukses

Ada Celah Keamanan di Smartphone Android Berbasis MediaTek

Celah keamanan ini disebabkan oleh tindakan beberapa pabrikan smartphone yang tidak mematikan fitur debug di chipset sebelum pengapalan

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang menyenangkan ini datang dari salah satu pabrikan chipset mobile kenamaan dunia, MediaTek. Dalam laporan terbaru diketahui beberapa perangkat Android yang menggunakan chipset MediaTek rentan terhadap serangan pihak luar. Hal ini disebabkan olehnya adanya lubang keamaan dari software di chipset tersebut.

Kabar tentang celah keamanan di chipset MediaTek ini pertama kali diketahui oleh seorang peneliti keamanan bernama Justin Case. Case menemukan bug yang ada chipset MediaTek dapat mengancam keamanan perangkat pengguna. Salah satunya adalah memungkinkan penyerang mengakses root di perangkat sasaran.

"Pengguna yang melakukan root dapat melakukan banyak hal, mulai dari akses data yang telah dilindungi, membajak ponsel, termasuk mematai-mati pengguna," jelas Case, seperti dikutip dari laman GSM Arena, Senin (1/2/2016). Di lain sisi, MediaTek sendiri tak menampik adanya lubang keamanan di chipset besutannya.

Menurut MediaTek, kerentanan ini berasal dari fitur debug yang ada di chipset tersebut. Beberapa pabrikan smartphone ternyata diketahui tidak mematikan fitur tersebut sebelum pengapalan. Oleh sebab itu, fitur yang tidak dimatikan tersebut jadi celah keamanan yang membahayakan pengguna smartphone berbasis MediaTek.

MediaTek juga menuturkan bahwa pihaknya telah menyadari hal tersebut dan celah kemananan tersebut juga sudah ditinjau oleh tim keamanannya. Dari hasil penelusuran awal, kerentanan ini paling banyak ditemukan di smartphone yang berjalan di Android 4.4 KitKat. 

Informasi lain juga menambahkan kebanyakan uji coba yang menggunakan fitur debug biasanya dilakukan di pabrikan asal Tiongkok. Sayangnya, MediaTek tidak memberikan informasi lebih lanjut vendor mana saja yang lalai untuk mematikan fitur debug di perangkatnya. 

Perusahaan asal Tiongkok tersebut hanya menjelaskan bahwa masalah ini mempengaruhi sebagian perangkat dari produsen tertentu. Tak hanya itu, MediaTek juga sudah memperingatkan ke perusahaan-perusahaan smartphone agar peristiwa ini tidak terulang lagi di masa depan.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini