Sukses

New Balance dan Intel Rancang Smartwatch

Selain smartwatch, New Balance juga mengumumkan hadirnya divisi bidang teknologi baru yang bertugas me

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu produsen sepatu kenamaan dunia, New Balance, baru-baru ini mengumumkan kerjasama dengan Intel.

Dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2016 di Las Vegas, Amerika Serikat, keduanya sepakat untuk mulai bekerja sama dalam pengembangan smartwatch.

Rencananya, smartwatch ini akan didesain khusus untuk para pelari. Rob DeMartini, Chief Executive New Balance, menuturkan bahwa perangkat ini dibuat untuk membantu para pelari lebih fokus pada latihan sehingga secara konstan meningkatkan performanya.

Mengutip informasi dari laman Phone Arena, Rabu (6/1/2015), smartwatch ini memiliki beberapa fungsi khusus untuk mendukung kegiatan berlari seseorang. Jam tangan pintar ini akan menggunakan chipset dari Intel dan berjalan dengan Android Wear.

Nantinya, smartwatch ini dapat membantu pelari untuk tetap di jalurnya menggunakan GPS. Selain itu, ada juga fitur pemutar musik yang memungkinkan pelari tetap mendengarkan musik tanpa perlu membawa smartphone.

Dalam kesempatan itu, New Balance juga mengumumkan pengembangan lini bisnisnya ke arah digital. DeMartini mengungkapkan bahwa saat ini New Balance memiliki divisi baru yang disebut Digital Sport Division.

Nantinya, divisi itu akan lebih fokus pada memahami, memotivasi, dan meningkatkan kehidupan atlet melalui pengalaman digital dan teknologi wearable.

Untuk pengembangan divisi ini, New Balance dikabarkan akan bekerja sama dengan perusahan teknologi lain, semisal Google.

Ada tiga kategori produk berbeda yang akan dirilis oleh Digital Sport Division. Pertama adalah Devices, bagian ini memiliki tugas untuk mengembangkan wearables devices, semisal smartwatch.

Lalu, ada Embedded technology yang bertugas memproduksi sensor untuk diselipkan di sepatu New Balance dan mengumpulkan data yang kemudian akan dikirim ke aplikasi smartphone.

Dan terakhir adalah kategori Performance Sports yang akan memproduksi micro-fobs untuk melacak dan menganalisis performa atlet.

New Balance juga tidak lupa memberikan kemungkinan rilis dari perangkat terbaru itu. Untuk smartwatch, perangkat ini diperkirakan sudah siap pada musim liburan tahun ini. Di sisi lain, produk dari Digital Sport Unit disiapkan untuk rilis pada 2017 dan 2018.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.