Sukses

Elon Musk: Falcon 9 Siap Terbang Kembali

Musk menuturkan bahwa SpaceX akan kembali meluncurkan Falcon 9, namun kemungkinan tidak menggunakan roket yang sama dengan misi lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Keberhasilan SpaceX mendaratkan kembali roketnya, Falcon 9, secara utuh ternyata mendorong perusahaan tersebut untuk kembali melakukan misi serupa. Setidaknya itulah yang diutarakan Elon Musk melalui akun Twitter-nya beberapa waktu lalu.

Dalam kicauan tersebut, Musk sedikit membocorkan 'rencana' SpaceX untuk kembali meluncurkan Falcon 9. Sebab, tak hanya berhasil mendarat dengan mulus, roket Falcon 9 juga ditemukan tidak memiliki kerusakan yang berarti, seperti dikutip dari laman CNET, Rabu (6/1/2016).

Kesuksesan SpaceX ini memang dapat dikatakan sebagai pembeda dalam pengembangan teknologi roket saat ini. Sebab, Falcon 9 berhasil membawa sejumlah satelit ke orbit bumi dan kembali ke bumi dengan selamat.

Tak hanya itu, lewat misi Falcon 9 ini dapat memungkinkan manusia mulai menggunakan kembali roket yang sudah dipakai untuk misi lainnya. Hal ini diperkirakan dapat mengurangi biaya penerbangan roket ke luar angkasa.

Selain SpaceX perusahaan lain yang juga berhasil melakukan hal serupa adalah Blue Origins. Sebelumnya, perusahaan milik Jeff Besoz tersebut juga berhasil mendaratkan roketnya ke bumi setelah terbang sampai batas luar angkasa.

Kendati akan kembali meluncurkan Falcon 9, Musk menuturkan bahwa kemungkinan besar tidak akan menggunakan roket yang sama untuk misi selanjutnya. Menurutnya, SpaceX akan menyimpan roket tersebut karena roket itu yang berhasil dibawa kembali ke Bumi dengan selamat.

SpaceX sendiri memang diketahui sudah sering melakukan uji coba pendaratan vertikal baik di darat dan laut. Namun, dari seluruh percobaan tersebut tidak ada yang membuahkan hasil. Dan, baru di bulan lalu, akhirnya Falcon 9, dapat mendarat dengan mulus secara vertikal. 

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini