Sukses

Bentrok Dengan 'Ok Google', Microsoft Matikan Fitur 'Hey Cortana'

Microsoft memilih untuk mematikan fitur ini untuk sementara di platform Android sembari mencari solusi

Liputan6.com, Jakarta - Belum genap sebulan meluncur di sistem operasi Android, Microsoft dikabarkan sudah harus menghilangkan salah satu fitur di virtual asisten besutannya, Cortana.

Fitur yang dimaksud adalah kemampuan Cortana untuk diakses secara hands-free. Pengguna Android cukup berbicara 'Hey Cortana' untuk mengakses virtual asisten tersebut lalu memberinya perintah.

Fitur yang mirip dengan perintah 'Ok Google' dari Google Now ini kemudian diketahui membawa masalah. Sebab, kemampuan ini ternyata bertentangan dengan kemampuan serupa dari perintah suara yang ada di Android.

"Kami menerima banyak umpan balik dari pengguna bahwa fitur 'Hey Cortana' bertentangan dengan pencarian suara Android. Maka dari itu fitur ini akan dimatikan sementara sampai kami menemukan solusinya," ujar juru bicara Microsoft, seperti dikutip dari laman Venture Beat, Rabu (23/12/2015).

Namun, sebenarnya masalah ini tidak ditemukan saat uji coba Cortana versi beta beberapa bulan lalu. Kendati demikian, menilik dari pernyataan Microsoft bahwa fitur ini akan dimatikan sementara, tidak tertutup kemungkinan fitur ini akan dimunculkan kembali.

Sekadar informasi, Cortana untuk Android dirilis bersamaan dengan versi iOS. Untuk saat ini, Cortana versi Android dan iOS sudah dapat diunduh secara gratis. Namun, baru wilayah Amerika Serikat dan Tiongkok yang dapat memakainya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini