Sukses

Cara Memasangkan Wearable Device Android ke Perangkat iOS

Memasangkan sebuah jam tangan Android Wear dan iPhone tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Android Wear dari App Store

Liputan6.com, Jakarta - Memasangkan sebuah Android Wear dengan perangkat iOS seperti iPhone mungkin terdengar aneh. Namun jika ingin mencobanya, Anda memerlukan salah satu Android Wear baru, seperti Huawei Watch, LG Watch Urbane atau Moto 360 generasi kedua.

Kendati demikian, sejumlah pengguna juga sukses memasangkan iPhone mereka dengan Android Wear model terdahulu, tapi hasil yang Anda dapatkan mungkin saja berbeda. Demikian seperti dikutip dari laman Tech Radar, Jumat (5/11/2015). 

Apa yang Android Wear lakukan

Jika Anda telah menggunakan Apple Watch, Anda sebaiknya jangan terlalu berharap banyak pada Android Wear. Platform Android Wear besutan Google, terutama ketika dipasangkan dengan iPhone, sejatinya berperan sebagai perangkat yang menyampaikan pemberitahuan tentang pembaruan produk Google.

Tetapi berkat kehadiran Bluetooth, Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan iPhone Anda pada pergelangan tangan. Anda hanya tidak akan dapat merespons sebagian besar aplikasi melalui suara atau berinteraksi sedalam Anda berinteraksi dengan aplikasi yang dibuat untuk Apple Watch.

Namun pada umumnya, perangkat ini bekerja dengan baik saat menyampaikan permberitahuan. Anda dapat menyesuaikan beberapa setelan kunci, seperti apakah akan mendapatkan event card dari kalender bawaan Apple atau Google? Setelah mendapatkan pemberitahuan, Anda dapat mengarsipkan pesan atau menjawabnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Android Wear

Aplikasi Android Wear 

Memasangkan sebuah jam tangan Android Wear dan iPhone tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Android Wear dari App Store. Kemudian, pastikan bahwa Bluetooth sudah diaktifkan pada iPhone Anda.

Setelah memulai proses pemasangan (pairing), Anda harus memasukkan kode ke aplikasi Android Wear yang Anda lihat di jam tangan Anda. Aplikasi ini kemudian akan meminta untuk mengakses kalender dan memungkinkan pemberitahuan, sehingga Anda bisa mendapatkan buzz (pemberitahuan) di pergelangan tangan Anda.

Namun perlu diperhatikan, buzz tersebut tidak selembut di Apple Watch. Untungnya, di dalam aplikasi Android Wear, Anda dapat memilih beberapa tampilan jam tangan yang ada di perangkat Anda.

3 dari 3 halaman

Gunakan suara Anda

Gunakan suara Anda

Banyak kelebihan di Android Wear melalui perintah suara. Anda dapat mengangkat jam tangan kapan pun dan berkata, "OK Google", kemudian mengatakan permintaan pencarian Anda. Setelah melihat ikon telepon pada jam tangan, Anda dapat menekannya untuk melihat hasil pencarian di dalam aplikasi Android Wear pada iPhone Anda.

Anda juga akan dapat meluncurkan browser bawaan, kemudian membaca lebih lanjut tentang pencarian Anda. Namun, ada sedikit keterbatasan. Misalnya, ketika mencari lokasi, Anda tidak berpindah dari browser ke Google Maps. Akan tetapi, untuk pencarian cepat atau tindakan kecil lainnya, fitur ini mungkin cukup.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini