Sukses

Lewat Red, Youtube Ingin Kreator Video Konsisten

YouTube mengancam akan menyembunyikan video bagi para kreator yang tidak menyetujui berbagai ketentuan dari aturan layanan Red.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube dipastikan membuat peraturan baru untuk para kreator video berkaitan dengan layanan terbarunya, yakni YouTube Red.

Mengutip informasi dari laman Tech Crunch, Senin (26/10/2015), dalam pernyataannya YouTube menegaskan bahwa para kreator video ternama harus menerima ketentuan bagi hasil dari tiap video yang muncul di layanan YouTube Red.

Bagi kreator yang tidak setuju dengan ketentuan ini, videonya akan disembunyikan. Video tersebut nantinya tidak dapat ditemukan baik di layanan berbayar ataupun layanan gratis YouTube. Tidak terkecuali semua video yang berasal dari pelawak terkenal, musisi, komentator game, serta pembagi tips-tips.

YouTube juga mengungkapkan bahwa peraturan ini hanya akan ditujukan hanya kepada partner YouTube atau kreator video terkenal yang sudah memperoleh 55 persen dari pendapatan iklan melalui video unggahan. Sehingga, orang-orang biasa tidak perlu khawatir dengan peraturan ini.

Salah satu tujuan Google membuat peraturan ini adalah untuk menawarkan konsistensi bagi pendaftar layanan Red. YouTube tidak ingin para pendaftar layanan Red khawatir tidak dapat menonton konten favorit mereka setelah mendaftar layanan Red. 

Kendati demikian, YouTube tidak mau merinci lebih jauh tentang persentase pembagian keuntungan dari layanan ini dengan para kreator video. Namun, lebih lanjut dijelaskan bahwa besarnya pembagian keuntungan nantinya berdasarkan durasi video yang diunggah.

Red sendiri merupakan layanan video berbayar terbaru dari YouTube. Lewat layanan berbayar ini penonton dapat menonton video bebas iklan, termasuk menonton konten-konten khusus hasil kerjasama YouTube dengan para kreator video.

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini