Sukses

Hands On: Sony Xperia Z5 Premium, Smartphone 4K Berkamera 23 MP

Pada sesi preview produk eksklusif, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal Xperia Z5 Premium berwarna Gold.

Liputan6.com, Jakarta - Sony Xperia Z5 Premium resmi diperkenalkan di pasar smartphone Tanah Air, Rabu (21/10/2015) di Jakarta. Saat pertama kali menggenggam smartphone ini, terasa kokoh dan solid, berkat kehadiran kerangka metal dan lapisan kaca di bagian cover belakang.

Tampilannya pun terlihat mewah, hadir dengan tiga warna pilihan yaitu Gold, Black, dan Chrom. Pada sesi preview produk yang digelar Sony Mobile Communications Indonesia, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal Xperia Z5 Premium berwarna Gold.

Cover belakang Sony Xperia Z5 Premium (Liputan6.com/Iskandar)

Dari segi desain, mengadopsi form factor yang serupa dengan seri Xperia Z sebelumnya. Dan bodinya pun tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu maksimal 30 menit. Maklum saja karena smartphone ini memiliki sertifikasi militer IP65 dan IP68.

Bila dibandingkan dengan saudaranya, Xperia Z5 dan Xperia Z5 Compact, Xperia Z5 Premium memiliki ketebalan 7,8 mm, sedikit lebih tebal dari Xperia Z5 (7,4 mm) namun jauh lebih tipis dari Xperia Z5 Compact (8,9 mm).

Sony Xperia Z5 Compact (Atas), Xperia Z5 (Tengah), Xperia Z5 Premium (Bawah) - Liputan6.com/Iskandar

Perbedaan lainnya, dari segi memori RAM, yang mana Xperia Z5 Premium dan Xperia Z5 dilengkapi RAM 3GB, sementara Xperia Z5 Compact memiliki RAM 2GB. Selain itu dari kapasitas baterai, Xperia Z5 Premium mempunyai daya baterai 3.430 mAh, Xperia Z5 2.900 mAh, dan Xperia Z5 Compact 2.700 mAh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Xperia Z5 Premium diklaim sebagai smartphone 4K pertama di dunia dengan tampilan layar IPS 4K (2160 x 3840 piksel ) Triluminos berukuran 5,5 inci dengan kerapatan piksel 880 ppi, yang diklaim mampu menyuguhkan gambar tajam dan detil.

Dengan fitur inovatif tersebut, Xperia Z5 Premium mampu memutar video hasil rekaman 4K ataupun menonton video YouTube berkualitas 4K. Untuk menikmati video 4K, Anda juga bisa menghubungkannya ke TV 4K baik secara wireless, via DLNA atau dengan MHL 3.0. 

Bagian Kiri Bodi Sony Xperia Z5 Premium (Liputan6.com/Iskandar)

Pada sektor kamera, Xperia Z5 Premium dipersenjatai sensor terbaru Sony 1/2.3 Exmor RSTM beresolusi 23MP dan lensa F2.0 G. Teknologi kamera ini memiliki kemampuan autofokus dengan kecepatan 0,037 detik.

Soal dapur pacu, smartphone ini diperkuat prosesor terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 810. Didukung pula dengan memori internal 32GB dan slot untuk tambahan microSD hingga 200GB. Xperia Z5 Premium akan tersedia dalam varian single SIM dan dual SIM. Namun sayang, harganya belum diinformasikan.

Peningkatan yang paling menonjol adalah pada seri terbaru ini dilengkapi fitur Finger Scanner di sisi samping smartphone yang digabung dengan tombol Power.

Bagian Kanan Bodi Sony Xperia Z5 Premium (Liputan6.com/Iskandar)

Fitur ini membuat perangkat menjadi lebih personal, terlindungi, dan mudah membuka kunci dengan pengambilan sederhana dan sekali pergerakan yang natural. Ponsel ini juga didukung standar FIDO, autentifikasi via pemindai jari untuk layanan pembayaran online.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini