Sukses

Pabrik Komponen LG Innotek Bakal Geber Perangkat Siap Pakai

Lewat kerjasama dengan Smartfren, LG Innotek Indonesia menghadirkan perangkat siap pakai yaitu MiFi, Andromax M2S.

Liputan6.com, Cikarang - Bagi sebagian besar orang mungkin sudah akrab dengan pabrikan asal Korea Selatan, LG Electronics yang biasa membuat perangkat elektronik, seperti ponsel, televisi, lemari es, dan perangkat rumah tangga lainnya.

Namun, mungkin tidak banyak orang yang mendengar tentang LG Innotek Indonesia. Sebab, perusahaan ini memang tidak berfokus pada pembuatan perangkat-perangkat yang dikhususkan untuk end-user, melainkan memproduksi komponen-komponen untuk perangkat elektronik.

Komponen yang diproduksi oleh LG Innotek Indonesia adalah tv tuner dan wifi. Namun, kali ini lewat kerjasama dengan Smartfren, LG Innotek Indonesia menghadirkan perangkat siap pakai yaitu MiFi, Andromax M2S.

Lewat dirilisnya perangkat ini dapat dijadikan sebagai salah satu langkah awal LG Innotek Indonesia untuk mulai memproduksi perangkat-perangkat yang siap pakai.

"Kerjasama dengan Smarfren ini merupakan pilot project bagi LG Innotek Indonesia untuk mulai memproduksi perangkat yang menyasar langsung ke pengguna," ungkap Rudi Gunawan, Production Team Leader LG Innotek Indonesia yang ditemui di pabrik LG Innotek Indonesia, Cikarang, Kamis (17/9/2015).

Untuk mendukung hal tersebut, LG Innotek Indonesia juga telah siap memproduksi 300.000 ribu perangkat Andromax M2S dalam satu bulan.

"Sampai saat ini jumlah produksi telah mencapai 250.000 dan 50.000 lainnya akan siap pada minggu pertama bulan Oktober," tambah Rudi.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah sesuai dengan permintaan pasar. Hal lain yang mendukung rencana LG Innotek Indonesia adalah kesiapan mereka terkait peraturan pemerintah tentang tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

"Untuk Andromax M2S sendiri sudah hampir 30 persen komponennya disiapkan dan dibuat di Indonesia. Memang untuk PCB masih diimpor dari Korea Selatan langsung dikarenakan keterbatasan waktu. Namun, bukan tidak mungkin setelah PCB dapat diproduksi di Indonesia maka kandungan TKDN produk dari LG Innotek Indonesia dapat bertambah sampai 70%. Apalagi kita memang sudah memiliki pabrik di Indonesia," tambah Rudi.

Andromax M2S sendiri merupakan MiFi terbaru dari Smartfren yang secara resmi diperkenalkan hari ini dan mulai diproduksi sejak bulan Agustus 2015.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini