Sukses

Walikota Surabaya Tri Rismaharini Gemar Main Sim City

Liputan6.com, Jakarta - Video game tidaklah selalu menjadi pemuas dahaga ketika rasa penat melanda di waktu senggang, bahkan efek samping dari bermain game tidak selalu berdampak negatif.

Padahal sebaliknya, banyak hal positif yang bisa diambil ketika sedang bermain video game, khususnya game simulasi. Pengalaman itulah yang dirasakan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Wanita yang akrab disapa Risma tersebut mengaku bahwa ia seorang penggemar game simulasi kota garapan EA Games, Sim City.

Melansir informasi laman Coconut Jakarta, Rabu (12/8/2015), Risma menjelaskan bahwa ia memang sering memainkan game simulasi pembangunan kota tersebut.

Menurutnya, game `reboot` yang diluncurkan pada 2013 itu membuatnya berpikir secara komprehensif terkait bagaimana caranya membangun tata kota yang baik dan benar.

"Setua ini saya masih suka bermain game, tapi game yang dimainkan harus merangsang emosi dan pikiran saya. Nah, contohnya ini Sim City," ujar Risma yang sempat mengisi acara di Popcon Asia 2015 yang diadakan pada pekan lalu di Jakarta Convention Center (JCC).

"Saya itu belajar banyak dari Sim City, di game ini saya harus berpikir secara komprehensif. Misalnya, ada yang tidak sesuai pada sistem pembangunan tata kota, maka warga akan protes. Belum bisa bangun bandara kenapa ya? Karena warganya kurang, mau beli ini beli itu belum bisa karena anggaran biayanya kurang," tambahnya.

Komprehensif di sini dimaksudkan Risma adalah ia harus menata kota secara mendetil dan perlu pemikiran mendalam akan efek yang dihasilkan ketika ia hendak membangun sesuatu.

"Saya itu harus berpikir ke semua sektor, ya seperti bagaimana cara membangun kota di kehidupan nyata saja," terangnya.

Sim City Gameplay

Sim City merupakan game simulation yang digarap oleh Will Wright (Director The Sims) dan dirilis pada 1989. Di game ini, gamer harus membangun sebuah kota lengkap dengan variasi bangunan, industri, perumahan dan masih banyak lagi mulai dari 0-100.

Seri Sim City reboot yang dirilis pada 2013 pun mendapatkan respon positif. Sebelum seri reboot dirilis, popularitas seri Sim City sebelumnya sempat merosot karena kerap menghadirkan gameplay yang stagnan.

(jek/isk)