Sukses

6 Langkah Mudah Perbaiki Keyboard Laptop yang Bermasalah

Bagaimana memperbaiki keyboard laptop yang bermasalah ? Simak 6 langkah mudah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tentu sangat menjengkelkan, jika keyboard laptop tiba-tiba bermasalah, padahal sesuatu yang penting harus segera diselesaikan. Hal ini bisa disebabkan oleh permasalahan pada perangkat lunak atau perangkat keras.

Jika mengalami hal ini, Anda tak perlu bingung. Lantas, apa yang mesti dilakukan ketika hal ini terjadi? Berikut ini 6 (enam) langkah mudah untuk memperbaiki keyboard laptop yang bermasalah.

1. Bersihkan kotoran-kotoran kecil

Jika beberapa tombol keyboard Anda tidak berfungsi, sementara tombol lainnya baik-baik saja, maka ada kemungkinan terdapat kotoran-kotoran kecil yang menghambat tombol keyboard Anda.

Hal ini dapat terjadi misalnya ketika Anda makan sambil bekerja dan remah-remah makanan yang Anda makan terjatuh pada keyboard laptop Anda.

Untuk menyingkirkannya, hal termudah yang bisa dilakukan adalah memiringkan laptop pada sudut kurang lebih 75 derajat dan goyangkan dengan lembut laptop Anda untuk menyingkirkan kotoran-kotoran tersebut.

Setelah itu, periksa semua tombol dan lihat apakah tombol-tombol laptop Anda berfungsi atau tidak. Jika tidak, maka meniupkan udara pada tombol keyboard Anda bisa dilakukan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di sela-selanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Me-restart Laptop

2. Me-restart Laptop

Apabila tidak ada satu pun tombol keyboard yang merespon, maka permasalahan yang Anda hadapi kemungkinan besar terletak pada perangkat lunak atau keyboard driver Anda. Untuk itu, cobalah melakukan restart.

Jika Anda masih bisa mematikan laptop dari tombol Start secara normal, maka matikan laptop Anda. Tapi, jika hal tersebut tidak memungkinkan, tekan tombol power selama 5 detik (paling lama 15 detik) untuk mematikan laptop Anda secara paksa. Kemudian, nyalakan kembali laptop Anda.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (19/8/2015), mematikan laptop boleh jadi bisa memperbaiki masalah yang Anda hadapi.

3. Me-restore sistem

Jika keyboard laptop Anda berhenti berfungsi setelah Anda memasang aplikasi baru atau mengubah pengaturan laptop , Anda harus melakukan restore sistem laptop.

Caranya, klik tombol Start, lalu klik Control Panel. Selanjutnya, klik "Back up your computer" di bawah heading "System and Security". Kemudian klik "Recover system settings or your computer", lalu klik "Open System Restore".

Selanjutnya, ikuti saja langkah-langkah sederhana yang muncul untuk me-restore laptop Anda. Setelah proses restore berhasil, reboot laptop. Jika penyebab masalah pada keyboard Anda terletak pada sistem, maka keyboard Anda seharusnya kembali berfungsi dengan baik.

3 dari 4 halaman

Perbaiki keyboard driver

4. Perbaiki keyboard driver

Keyboard yang tidak berfungsi dengan baik dapat juga disebabkan oleh keyboard driver yang tidak up-to-date atau keyboard driver Anda terganggu oleh program lainnya. Untuk memastikannya, Anda dapat memeriksa apakah keyboard driver Anda berjalan dengan baik atau tidak di "Device Manager".

Device Manager dapat diakses dari "Control Panel". Berikutnya, klik "System and Security". Lalu, klik "Device Manager" di bawah heading "System". Di Device Manager ini Anda akan menemukan drivers dari semua perangkat keras di dalam laptop Anda.

Selanjutnya, klik "keyboard" dan Anda akan menemukan keyboard driver laptop Anda. Jika Anda melihat segitiga berwarna kuning dengan tanda seru, maka keyboard driver Anda bermasalah. Solusinya, Anda dapat mengunjungi situs web produsen laptop Anda untuk mencari driver terbaru yang Anda perlukan untuk laptop Anda.

5. Bawa ke tempat servis

Jika keempat langkah di atas tidak berhasil, maka sebaiknya Anda membawa laptop Anda ke tenaga profesional. Terlebih bila garansi laptop Anda masih berlaku.

Tapi, jika garansi laptop Anda sudah tidak berlaku, bawa laptop Anda ke tempat servis. Ada kemungkinan permasalahan kecil terjadi pada kabel di laptop Anda, seperti terputusnya kabel karbon yang dapat dengan mudah diperbaiki.

Untuk perbaikan semacam ini, biasanya tempat servis tidak akan terlalu memasang tarif tinggi.

4 dari 4 halaman

Pasang keyboard alternatif

6. Memasang keyboard alternatif

Dalam kondisi mendesak, untuk sementara Anda dapat menggunakan keyboard dengan port USB. Memang nampaknya akan terasa tidak nyaman. Namun, keberhasilan cara ini bisa dipastikan hampir 100%.

Kemudian, jika Anda benar-benar dalam situasi sangat mendesak untuk mengetik sesuatu yang terbilang pendek, misalnya username dan password untuk mengakses alamat e-mail pada saat itu juga, Anda bisa menggunakan keyboard virtual di layar laptop Anda.

Untuk mengaktifkannya, klik tombol Start, lalu klik "All Programs". Kemudian klik "Accessories" dan klik "Ease of Access". Selanjutnya klik "On-Screen Keyboard" untuk mulai menggunakan keyboard virtual ini.

(why/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini