Sukses

Tersesat di Kebun Binatang Ragunan? Pakai Aplikasi Ini

Tempat wisata Kebun Binatang Ragunan menjadi tujuan favorit masyarakat Jakarta dan luar kota untuk menghabiskan waktu libur Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Tempat wisata Kebun Binatang Ragunan menjadi tujuan favorit masyarakat Jakarta dan luar kota untuk menghabiskan waktu libur Lebaran.

Namun, membludaknya pengunjung dan area yang begitu luas, membuat pengunjung terkadang merasa bingung bahkan sampai tersesat di lokasi wisata ini.

Tentunya, pengunjung membutuhkan panduan yang dapat mereka gunakan untuk menuntun mereka menikmati hiburan satwa di sana tanpa tersesat.

Untuk itu pihak pengelola Kebun Binatang Ragunan melakukan sebuah terobosan baru dengan meluncurkan aplikasi bernama Ragunan Zoo.

Menurut pengelola Kebun Binatang Ragunan, aplikasi ini diluncurkan atas kerja sama dengan pihak pengelola salah satu provider telepon seluler. Adanya aplikasi ini diharapkan dapat memberi panduan bagi pengunjung lewat telepon pintar mereka.

"Ini kan areanya sangat luas sekali ya. Bisa-bisa pengunjung itu tersesat. Bingung masuknya tadi di mana dan keluarnya lewat mana," ujar Wahyudi selaku Kepala Hubungan Masyarakat Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan.

Bahkan, aplikasi Ragunan Zoo ini dapat memberi tahu posisi pengunjung saat berada di Kebun Binatang Ragunan. Kecanggihan itu ditawarkan dengan memanfaatkan kemampuan sistem GPS di ponsel cerdas mereka.

"Pertama harus registrasi dulu dengan data diri di aplikasi itu. Lalu di dalamnya ada fitur Getting Lost. Kalau tersesat tinggal klik, nanti bisa dipandu di situ secara jelas," ungkapnya.

Ratusan hingga ribuan binatang yang berada di Kebun Binatang Ragunan ini mempersulit kita sebagai pengunjung menemukan informasi seputar binatang yang sedang kita lihat. Namun hal itu tidak terjadi lagi jika kita gunakan aplikasi ini.

"Lengkap di situ. Kita bisa dipandu dan diberi kemudahan untuk temukan hewan yang kita tuju. Ada informasinya lengkap, bahkan sampai sudut-sudut Ragunan yang jarang terjangkau pengunjung," pungkasnya.

Jadi tunggu apalagi? Untuk pengunjung Kebun Binatang Ragunan yang menggunakan sistem aplikasi Android pada telepon pintarnya, langsung unduh aplikasi Ragunan Zoo di Google Play Store agar tidak tersesat!

(ric/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.