Sukses

Bursa Iklan Digital IMX Jadi Harapan Baru Para Publisher

Sistem bursa terbuka dalam platform IMX diharap bisa membuat penyedia konten Indonesia lebih kompetitif di ranah internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat memperkenalkan anak usaha barunya berupa bursa iklan digital terbuka bernama Indonesia Mobile Exchange (IMX). Pasar iklan terbuka ini diharapkan dapat mendorong industri iklan digital di Tanah Air lebih berkembang.

Asosiasi Digital Indonesia (IDA) yang merupakan perkumpulan penyedia konten digital dalam negeri mengaku cukup tertarik dengan sistem periklanan baru yang ditawarkan Indosat. Sistem bursa terbuka dalam platform IMX diharapkan bisa membuat penyedia konten Indonesia lebih kompetitif di ranah internasional. 

"Model pasar iklan terbuka seperti yang diberlakukan IMX sudah cukup populer di beberapa negara lain. Kita berharap Indonesia bisa lebih terbuka di pasar global dan membantu publisher untuk menjaring pengiklan dari luar negeri," ungkap Edi Taslim, Ketua IDA.

Senada dengan Edi, Manuel Irwanputera selaku Chief Operating Officer KMK Online menilai bursa iklan terbuka ini dapat menjadikan transaksi di industri periklanan digital Indonesia lebih transparan dari sebelumnya.

"Kalau dulu kan kita penjual iklan hanya memasang harga tertentu, kemudian pihak lain biasanya akan menawarkan ke pembeli tanpa kita tahu berapa harga jualnya. Nah, sekarang IMX membuka tabir penghalang itu, jadi semua lebih transparan soal harga jual tiap iklannya," kata Manuel.

Baik Edi maupun Manuel mengaku menaruh harapan cukup besar agar bursa iklan digital dalam industri periklanan bisa tumbuh dengan baik. Mereka berharap Indosat selaku penyedia platform dapat merangkul penyedia konten dan pengiklan agar mau bergabung di sistem yang disajikan di IMX.

"Harapan kita tentu platform ini bisa diterima dengan baik oleh publisher ataupun pengiklan karena kalau gak ya sistem ini gak bakalan jalan. Mungkin di awal Indosat dan IMX bisa berikan insentif dulu supaya menarik banyak pihak ke dalam platform ini supaya segera matang dan berkembang," tandas Manuel.

IMX sendiri berjalan dengan menggunakan jaringan internet yang disediakan oleh seluruh operator seluler. Bursa iklan digital ini akan bekerjasama langsung dengan pemilik konten melalui publisher supaya menyediakan pasar yang luas bagi para pengiklan di seluruh dunia.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini