Sukses

Sekarang Wearable Devices Tersedia Buat Hewan Peliharaan

Tak hanya manusia, wearable devices ternyata juga sudah merambah penggunaannya ke binatang peliharaan rumahan.

Liputan6.com, Jakarta - Wearable devices sudah jadi tren yang hits di kalangan pegiat industri teknologi. Tak hanya manusia, perangkat ini ternyata juga sudah merambah ke hewan peliharaan rumahan.

Salah satunya dikembangkan oleh perusahaan bernama DogTelligent yang mengembangkan perangkat cerdas bagi para pemelihara anjing. Perusahaan itu membuat kalung cerdas yang memiliki hampir semua fitur smartphone yang bisa digunakan anjing.

Kalung canggih besutan DogTelligent itu diberi nama The Colar Connected. Fitur konektivitas yang cukup lengkap tertanam di kalung canggih ini seperti GPS, 3G, WiFi, accelerometer, termometer, dan lampu LED.

Bahkan, perusahaan itu juga menambahkan speaker ultrasonik agar penggunanya bisa berkomunikasi dengan anjing peliharaannya. Fitur ultrasonik pun bisa mengeluarkan peluit khusus supaya anjing tidak menyalak berlebihan tanpa didengar manusia.

Seperti dikutip dari laman Mirror, Jumat (22/5/2015), aneka fitur yang ada di dalam kalung canggih ini diharapkan bisa membuat pemilik hewan peliharaan, khususnya anjing dapat memantau dan mengetahui kondisi hewan kesayangannya ketika lepas dari pandangan.

Keunggulan utama yang ada di perangkat ini berupa tak menyebabkan rasa sakit yang biasa hadir pada kalung sengatan listrik yang lazim ada di pasaran. Sebagian orang menganggap kalung sengat listrik tersebut kurang pas menjadi alat monitoring yang dipasang di hewan peliharaan.

Sewaktu anjing jauh dari pandangan, pemiliknya akan tahu dari pemberitahuan berupa siulan. Kalung akan bergetar dan sedikit mengencang sebagai peringatan bagi si anjing bahwa dirinya telah keluar dari batas yang ditentukan majikannya.

Pemilik hewan bisa mengatur zona aman bagi hewan peliharannya yang disesuaikan kebutuhan melalui aplikasi di smartphone. Aplikasi itu juga memungkinkan penggunanya mengetahui lokasi anjing ketika hilang, serta tingkat aktivitasnya serupa dengan pendeteksi aktivitas yang dipakai manusia.

DogTelligent berencana memperkenalkan produk dengan fitur lebih terkoneksi, termasuk fitur canggih lain dan mainan. Kalung pintar ini sudah bisa dipesan dengan harga US$ 159 atau sekitar Rp 2 jutaan di Amerika Serikat.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.