Sukses

Microsoft Pede Bisa Raih US$ 20 Miliar di Bisnis Cloud

Microsoft sedang mengembangkan ekosistem pendukung Windows, termasuk cloud yang ditarget menghasilkan US$ 20 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Microsoft Satya Nadella berusaha meyakinkan Wall Street bahwa pergeseran tren ke 'mobile first, cloud first' akan segera terjadi. Bahkan, pria asal India tersebut mengklaim era itu akan menjadi hal baik bagi Microsoft meskipun ada banyak rintangan di dalamnya.

"Ini bukan perubahan satu berbanding satu. Sebenarnya ada ekspansi yang cukup signifikan dari nilai yang kita dapat berikan," ungkap Satya di depan para analis keuangan seperti diberitakan laman Recode, Kamis (30/4/2015).

Microsoft telah melakukan banyak perkembangan bisnis selama beberapa waktu belakangan. Perusahan ini telah menyediakan produk software untuk perusahaan yang memakai sistem langganan dan pembuat hardware dari awalnya hanya menjual perangkat lunak.

Nadella mengungkap target yang dipasang perusahaan di layanan bisnis penyimpanan awan (cloud) pada 2018 yang mencapai US$ 20 miliar. Jumlah itu meningkat cukup signifikan dari nilai transaksi yang berlangsung sekarang sebesar US$ 6,3 miliar.

Saat ini, Microsoft tengah berupaya menghadapi pasar komputer yang lambat dengan tantangan besar dari ruang mobile. Sistem operasi mobile Windows Phone buatan Microsoft berada di jalur buruk ketika berhadapan melawan platform mobile milik Apple dan Google.

Meski begitu, Nadella tetap optimis bahwa perusahaannya akan tetap tumbuh dan berkuasa di industri teknologi. Perusahaan yang berpusat di Redmon, Washington itu mengembangkan berbagai produk demi mendukung ekosistem Windows yang dimilikinya.

"Kami percaya bahwa itu yang akan membantu kita menyalurkan nilai lebih. Ini akan membantu pengembang datang ke platform kami. Itu membuat seluruh sistem ekosistem perangkat Windows jauh lebih sehat," tandas Nadella.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.