Sukses

Cara Praktis Men-scan Foto Jadul ke Smartphone

Ingin foto jadul Anda tersimpan di smartphone secara digital? Berikut ini langkah mudah cara memindai foto jadul Anda ke smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin memiliki setumpuk album foto di rumah, dan sayangnya sebagian besar gambar penuh kenangan itu sudah berdebu. Jika Anda ingin menyimpan setiap kenangan foto yang ada di album foto tersebut, ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan.

Cara ini memungkinkan Anda untuk dapat berbagi setiap foto dan momen berharga ke jejaring sosial atau membagikan kepada teman-teman. Berikut ini langkah mudah cara memindai foto jadul Anda ke smartphone.

Anda dapat menggunakan kamera beresolusi tinggi yang tertanam di smartphone. Dengan memanfaatkan kamera smartphone, Anda dapat dengan cepat memindai foto-foto lama.

Gunakan Aplikasi Shoesbox

Disarankan untuk menggunakan kamera smartphone, minimal beresolusi 8 megapiksel. Dengan demikian, kualitas foto tidak akan menurun dan akan sama dengan menggunakan scanner.

Sebagai pelengkap, gunakanlah aplikasi Shoesbox. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan men-download aplikasi tersebut terlebih dahulu di Ancestory.com.

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis untuk iPhone dan Android. Setelah selesai men-download, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu agar bisa menggunakan aplikasi secara maksimal. Kemudian, Anda langsung dapat mulai memindai foto-foto kenangan.

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

NEXT

Bersihkan Foto Dari Debu

Sebelum Anda memindai foto, bersihkan debu dari foto menggunakan kain microfiber atau pembersih yang mengandung alkohol penghapus untuk benar-benar membersihkan debu. Cari area yang cukup terang dengan banyak cahaya alami dan sedikit bayangan.

Bersihkan pula lensa kamera smartphonedengan kain microfiber atau kapas dan setetes alkohol isopropil. Setelah semua bersih, Anda bisa mulai memindai setiap foto lama. Cukup menggunakan Shoesbox dan tekan tombol kamera.

Posisikan Foto Dengan Sejajar

Saat memotret foto lama, posisikan foto dengan smartphone secara seksama sehingga foto dan kamera sejajar. Kemudian tekan tombol kamera hingga fokus secara perlahan dan bidik foto tersebut.

Setelah foto berhasil diambil, Anda dapat mengeditnya melalui smartphone sesuai keinginan. Setelah itu Anda bisa langsung mem-posting-nya ke media sosial. Anda bahkan dapat menyimpan foto-foto tersebut di Dropbox maupun Flickr.

Selanjutnya>>>

3 dari 3 halaman

NEXT

Menggunakan Scanner

Cara lain yang efektif untuk memindai foto lama Anda adalah menggunakan alat scanner. Tapi sebelum menggunakan alat ini, Anda perlu membersihkan setiap foto yang berdebu. 

Hal ini sangat penting karena sensor sensitif yang dimiliki scanner akan dapat mengambil setitik debu pada kaca atau foto. Langkah selanjutnya, letakkan foto-foto tersebut ke dalam scanner. Susun foto sesuai keinginan dan letakkan foto secukupnya.

Biasanya, setiap scanner memiliki ukuran yang berbeda-beda. Setelah itu, pilih resolusi yang diinginkan, minimal resolusi 300dpi sampai 600dpi. Demikian seperti dikutip dari Cnet, Selasa (14/4/2015).

Selanjutnya, sesudah foto masuk ke dalam komputer maupun smartphone, bila Anda memerlukan beberapa pengeditan seperti pengaturan cahaya dan lain sebagainya, Anda dapat langsung membuka aplikasi edit foto.

(ana/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.