Sukses

XL: Kami Paling Unggul Soal 4G

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata (XL) mengaku sangat bersemangat menanti izin penggunaan frekuensi 1.800 MHz untuk 4G Long Term Evolution (LTE). Bahkan XL mengklaim menjadi yang paling mumpuni untuk layanan komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi tersebut.

Diungkapkan Vice President LTE XL, Pantro Pander Silitonga, XL sangat menanti-nanti pembukaan gelombang kedua layanan 4G atau izin penggunaan frekuensi 1.800 MHz pada tahun ini.

XL bersama operator Telkomsel di frekuensi 1.800 MHz, masing-masing memiliki lebar pita 22,5 MHz. Kemudian Indosat selebar 20 MHz dan Tri 10 MHz. Kemungkinan, kata Pantro, XL nantinya akan mengalokasikan lebar pita 15 MHz di frekuensi tersebut untuk layanan 4G LTE.

"Jaringan XL itu paling mumpuni untuk 4G. Karena itu, begitu pemerintah kasih izin untuk di 1.800 MHz, kami akan langsung meluncurkan layanan tersebut," tutur Pantro di Mega Kuningan, Jakarta.

XL sendiri saat ini baru menggelar layanan komersial 4G LTE di 3 kota yaitu Bogor, Yogyakarta, dan Medan. Namun layanan tersebut baru menggunakan frekuensi 900 MHz yang sudah diizinkan oleh pemerintah pada akhir tahun lalu.

Di luar layanan komersial, XL juga telah menggelar trial (uji coba) di sejumlah wilayah termasuk Jakarta. Meski masih menyandang status trial, Jakarta justru menjadi kontributor terbesar untuk pelanggan 4G LTE XL yaitu 24 ribu dari total 30 ribu pelanggan.

Pantro melanjutkan bahwa XL pada tahun ini membidik 3 juta pelanggan 4G LTE, dengan 65 persen diantaranya diperkirakan berasal dari Jakarta. Ambisi besar diakuinya karena melihat animo masyarakat terhadap kehadiran layanan 4G LTE.

"Kami memang punya ambisi besar untuk 4G. Oleh karena itu targetnya adalah 3 juta pelanggan tahun ini," tuturnya.

Ditambahkan Vice President XL Jabodetabek Region, Titus Dondi, operator saat ini lebih mudah mengenalkan layanan 4G LTE kepada masyarakat, ketimbang pertama kali memperkenalkan 3G beberapa tahun silam.

"XL butuh lebih dari satu tahun agar 3G diterima dan digunakan oleh sebagain besar masyarakat. Sebaliknya, 4G baru meluncur dan jaringan belum ada apa-apanya, tapi yang menginginkan kartu SIM 4G sangat banyak. XL Center kami sampai kewalahan memenuhinya," kata Titus.

Adapun secara keseluruhan, layanan 4G LTE XL saat ini sudah bisa dinikmati di Medan, Bogor, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan menyusul Bandung dalam waktu dekat ini.

(din/isk)

Loading