Sukses

Mengenal Fungsi Airplane Mode di Smartphone

Ketika Anda mengaktifikan mode pesawat terbang pada smartphone, sejumlah fitur akan dimatikan secara otomatis.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya saat di dalam pesawat terbang sebelum lepas landas, Anda akan mendengar pengumuman untuk mematikan ponsel atau perangkat komunikasi lainnya yang berbasis radio seperti Wi-Fi dan Bluetooth. 

Namun sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot mematikan ponsel. Pasalnya hampir seluruh jenis smartphone di era modern seperti sekarang ini telah dilengkapi mode pesawat terbang, atau Airplane Mode.

Ketika Anda mengaktifikan mode pesawat terbang pada smartphone, sejumlah fitur akan dimatikan secara otomatis. Fitur-fitur tersebut adalah; jaringan seluler dan data internet, Wi-Fi, Bluetooth, serta GPS. 

Airplane mode juga dapat digunakan untuk menghemat baterai. Tidak hanya ketika Anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, Airplane mode juga dapat digunakan kapanpun ketika baterai perangkat Anda akan habis.

Hingga kini masih banyak negara yang melarang penggunaan perangkat komunikasi yang mengganggu jalannya pengiriman sinyal pesawat ke menara pengawas. Biasanya ketika anda menggunakan perangkat Seluler, Wi-Fi, Bluetooth dan GPS, jalur komunikasi anatara awak pesawat terbang dan menara pengawas akan terganggu. Akibatnya pun sangat fatal.

Akan tetapi di beberapa maskapai penerbangan sekarang ini juga ada yang menawarkan fasilitas jaringan Wi-Fi. Di Amerika Serikat dilaporkan juga akan segera ada maskapai yang memperbolehkan penumpang menggunakan sinyal seluler. Sinyal seluler dapat digunakan ketika pesawat terbang di atas ketinggian 10.000 kaki.

Hanya saja sinyal seluler tidak tersambung ke menara BTS seperti biasanya, namun pada fasilitas yang disediakan oleh pesawat dengan menggunakan radio selular picocells. Hal ini membuat anda dapat melakukan dan menerima panggilan telepon dan juga SMS ketika Anda di dalam pesawat terbang.

(ana/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini