Sukses

7 Hal yang Perlu Dipertanyakan dari Apple Watch

Tanggal 9 Maret 2015, Apple dipastikan akan menggelar acara yang diyakini bakal menjadi ajang perilisan jam tangan pintar Apple Watch.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 9 Maret 2015, Apple dipastikan akan menggelar acara yang diyakini bakal menjadi ajang perilisan jam tangan pintar Apple Watch. 

Beberapa waktu belakangan ini berbagai informasi terkait Apple Watch terus bermunculan. Sebuah rumor menyebutkan bahwa nantinya pengguna Apple Watch akan disuguhi aplikasi hingga sebanyak 100 ribu buah.

Lalu bos desain Apple, Jony Ive, juga telah mengumumkan penampakan seluruh model dari Apple Watch yang terdiri dari tiga varian, yakni Apple Watch (316L), Apple Watch Sport (7000 Series), dan Apple Watch Edition.

Dan yang terakhir, Apple dikabarkan juga telah meminta mitra pemasoknya untuk memproduksi 5 sampai 6 juta unit untuk tiga model Apple Watch selama kuartal I 2015.

Meski sudah ada sejumlah informasi yang terungkap dari Apple Watch, namun faktanya masih banyak hal yang perlu dipertanyakan dari jam tangan pintar debutan Apple ini.

Laman Business Insider telah mengumpulkan tujuh pertanyaan besar yang belum terungkap dari Apple Watch. Berikut ulasannya:

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NEXT

1. Daya tahan baterai?

Masalah utama dari jenis perangkat wearable adalah daya tahan baterainya. Apple sebelumnya memang sempat mengatakan bahwa daya tahan baterai Apple Watch cukup mumpuni dan pengguna hanya perlu melakukan isi ulang satu hari sekali.

Namun menurut penelusuran jurnalis New York Times, Brian X. Chen, pihak Apple tak terlalu percaya diri akan hal itu. Mereka (Apple) juga masih berusaha menyematkan fitur penghemat daya baterai.

2. Harga jual Apple Watch?

Apple Watch akan hadir dalam tiga pilihan varian, yakni Apple Watch (316L), Apple Watch Sport (7000 Series), dan Apple Watch Edition. Sejauh ini hanya harga Apple Watch Sport saja yang sudah terungkap, yaitu sekitar US$ 349, yang mana ini adalah harga termurah dari ketiga varian Apple Watch.

Lalu bagaimana dengan harga Apple Watch (316L) versi reguler dan Apple Watch Edition yang diposisikan sebagai versi premium? Hingga kini belum terungkap, namun diprediksi banderolnya akan jauh lebih mahal.

Selanjutnya>>>

3 dari 4 halaman

NEXT

3. Harga jual aksesoris?

Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, dari tiga varian Apple Watch, akan 22 model whirstband (tali jam) yang disediakan. Hal ini tentunya menjadi niliai plus tersendiri karena pengguna dapat menyesuaikan whirstband yang digunakan sesuai dengan keinginan masing-masing. Namun sayangnya, whirstband itu diprediksi akan dibanderol cukup mahal.

4. Aplikasi yang tersedia secara pre-load?

Saat Apple Watch pertama kali diperkenalkan di bulan September 2014, diperlihatkan bahwa jam tangan pintar ini telah dilengkapi dengan beberapa aplikasi pre-load besutan pihak ketiga, seperti United Airlines, BMW, dan Starwood.

Akan tetapi para pengembang aplikasi populer lainnya hingga kini tidak banyak berbicara soal Apple Watch. Bahkan banyak rumor yang mengatakan bahwa para pengembang aplikasi tidak terlalu berminat membawa aplikasi besutannya ke Apple Watch.

5. Selain Apple Store, di mana lagi Apple Watch bisa dibeli?

Banyak pihak yang menilai bahwa Apple Watch harus diperlakukan berbeda dengan produk Apple lainnya. Dengan kata lain, Apple disarankan untuk tidak hanya menjual Apple Watch di Apple Store saja.

Salah satu alasannya adalah karena Apple Watch merupakan produk fashion yang mana pembeli membuthkan banyak waktu penyesuaian (berbagai model yang tersedia) sebelum benar-benar membelinya.

Selanjutnya>>>

4 dari 4 halaman

NEXT

6. Apakah tahan air?

Beberapa waktu lalu sempat beredar rumor yang mengatakan bahwa CEO Apple Tim Cook, tak pernah melepas Apple Watch-nya bila sedang mandi. Apakah Apple Watch mengusung fitur tahan air?

Tak ada konfirmasi dari pihak Apple sejauh ini. Akan tetapi para ahli berpendapat bahwa Apple Watch tidak sepenuhnya tahan air, ia hanya akan baik-baik saja jika pengguna memakainya ketika mencuci tangan atau terkena keringat. Namun untuk dipakai saat berenang? Dirasa tidak.

7. Fitur apa lagi yang disediakan?

Di acara perkenalan Apple Watch yang diselenggerakan September 2014, di atas panggung Tim Cook dengan tegas mengatakan bahwa Apple Watch memiliki banyak kegunaan.

Cook mengatakan, nantinya Apple Watch akan bisa digunakan untuk menavigasikan perangkat rumah tangga. Apakah benar? Sejauh ini tidak ada informasi yang mengarah ke sana.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini