Sukses

Ingin Jadi Milyarder YouTube? Ini Kunci Suksesnya

Liputan6.com, Jakarta - Gadis bernama Zoe Sugg sempat diundang memerankan kontestan di acara The Great Comic Relief Bake Off. Namun, tampil di televisi bagi Zoe bukanlah sesuatu yang menarik karena dirinya telah mendapat panggung sendiri. 

Muncul di internet sebagai Zoella, gadis asal Inggris yang berusia 24 tahun itu disebutkan telah menjadi kekuatannya. Zoella sukses menarik perhatian pengguna internet dan menjadi bintang yang bersinar terang di jagat sosial media dan YouTube.

Ia telah muncul sebagai YouTube 'vlogger' setelah menghabiskan 5 tahun untuk mem-posting video dengan berbagai hal. Sekarang ia telah memiliki 7 juta penonton regular yang membuatnya bisa membeli rumah yang terbilang mewah seharga 1 juta poundsterling atau setara Rp 19 milyar.

Gadis cantik itu ternyata memiliki kunci sukses yang cukup sederhana. Zoella yang menemukan kesuksesan dengan caranya sendiri dalam menjaring pengunjung dan mendapat uang dari internet disebutkan memiliki cara yang sederhana.

Beberapa pakar mengungkap sejumlah kunci sukses yang mungkin bisa dilakukan oleh netizen yang sudah dilakukan Zoella di internet. Apa saja? Berikut ulasannya. 

Selanjutnya>>>

2 dari 8 halaman

Tetap Nyata

Tetap nyata

Salah satu bagian penting yang dihadirkan Zoella dan menjadi daya tarik baginya ialah muncul apa adanya. "Dia adalah sosok gadis yang seperti tetangga kita," ujar Lizzy Pollot, seorang ahli pemasaran di agensi komunikasi Cake kepada Mirror.

Polliot melanjutkan, "Keaslian adalah kunci. Video-videonya cukup menjadi aspirasi para audiens yang menjadi targetnya, apa yang ia bagi cukup membumi sehingga orang-orang tidak merasa terasing oleh kehadirannya."

Selanjutnya>>>

3 dari 8 halaman

Buat Sederhana

Buat Sederhana

Pollot juga menyebutkan, tenar di internet sebaiknya tidak dilakukan dengan merasa pintar. Tetap menjadi diri sendiri dan berbagi secara sederhana diungkap Pollot cukup penting agar orang tertarik melihat apa yang kita bagi.

"Zoella melekatkan apa yang dia tahu, kecantikan, fashion, dan kehidupan sehari-hari. Hal itu yang membantu audiens berpikir bahwa 'dia sama seperti kita'," ujar Polliot lagi.

Selanjutnya>>>

4 dari 8 halaman

Tak Perlu Menunggu

Tak Perlu Menunggu

Salah satu pakar media digital yang menjalankan situs 'Influential Blog' bernama Lance Concannon menyebutkan, internet telah menawarkan semua alat untuk membantu orang untuk terkenal. Dia menyebutkan kita hanya  perlu lebih peka dan manfaatkan fasilitas yang ada supaya bisa dikenal.

"Zoella seperti banyak orang muda lainnya, telah menyadari siapa saja yang menggunakan kamera dan laptop bisa mulai membangun sendiri kerajaan media pribadinya," kata Concannon.

"Blog, YouTube, Twitter, Instagram, Pinterest, dan berbagai layanan lainnya memungkinkan semua orang untuk mengakses informasi dari seluruh dunia secara gratis tanpa perlu pengetahuan teknis," tambahnya lagi.

Selanjutnya>>>

5 dari 8 halaman

Konsisten

Konsisten

Zoella dan bintang lainnya akan memastikan dirinya untuk membuat konten yang alirannya tetap. Mereka juga disebutkan pasti menggunakan media sosial mereka untuk mempromosikan pekerjaan mereka dan tetap menjalin hubungan baik dengan penggemarnya.

"Dia sudah melakukan posting video selama lima tahun dan ketekunannya telah dibayar lunas. Orang lain yang ingin meraih keberhasilan blogging harus mengikutinya, posting teratur, berusaha membuat artikel, konten, video profesional dan menggunakan berbagai saluran sosila media untuk membangun basis penggemar," kata Concannon lagi.

6 dari 8 halaman

Fokus di Gen-Y

Fokus di Gen-Y

Sampai dengan acara Bake Off dimulai, Zoella tidak dikenal oleh generasi tua. Wajar saja, sebagian besar generasi tua lebih banyak mengakses televisi daripada internet.

Head of Trends di perusahaan analisis GlobalWebIndex, Jason Mander mengungkapkan sekitar 50% dari orang berusia 16-34 tahun menonton vlogs setiap bulan. Cukup jauh dibandingkan pengakses internet berusia 44-64 tahun yang hanya 15% yang menonton vlogs tiap bulan.

Selanjutnya>>>

7 dari 8 halaman

Ikuti Tren

Ikuti Tren

Setiap calon bintang YouTube perlu memastikan mereka mengenal fans mereka dengan baik. "Pastikan Anda mengikuti tren dan tahu apa topik yang akan menarik perhatian mereka," papar Mander.

Mander mengungkap hasil riset yang sudah dilakukan perusahaannya. "Sebagian besar pemirsa vlog sangat tertarik pada bidang kuliner, film, teknologi, musik dan traveling," tambah Mander.

Selanjutnya>>>

8 dari 8 halaman

Pilih Sponsor

Pilih Sponsor

Zoella ditawari banyak sekali penawaran uang sponsor, tapi hanya menerima sekitar satu dari sepuluh sponsor yang mendekatinya. Disebutkan Zoella, memilih sponsor memungkinkan dirinya menjaga kepercayaan dari audiensnya.

"Kredibilitas itu mempengaruhi vlogger, sama seperti Zoella mempengaruhi mereka. Setiap pelaku pemasaran tahu bahwa bintang adalah alat yang ampuh," kata Robert Honeywood, Acoount Director dari perusahaan media global Carat.

(den/isk)

Loading