Sukses

Ponsel Android One Sudah Dapat Android Lollipop

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Rabu (4/2/2015), Google secara resmi menghadirkan program smartphone harga terjangkau "Android One" di Indonesia. Tiga mitra lokal Google -- Evercoss, Nexian dan Mito -- dalam waktu dekat akan merilis ponsel Android One versi masing-masing.

Caesar Sengupta, Vice President of Product Management Google menegaskan, ponsel Android One yang dijual di Indonesia --termasuk Evercoss, Nexian dan Mito-- akan mengoperasikan Android terbaru Lollipop, serta akan diperbarui secara otomatis.

Android Lollipop merupakan versi Android paling cepat dan responsif saat ini — dengan kinerja hampir 2 kali lebih baik dari versi sebelumnya. Fitur penghemat baterainya diklaim mampu menghemat masa pakai baterai hingga 90 menit.

Tampilan Desain Material baru dari Android juga menawarkan pengalaman yang responsif dan alami, dengan pencahayaan dan siluet yang tampak nyata, serta dilengkapi grafis yang canggih untuk pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan. 

Selain itu juga ada setelan cepat untuk menghemat penggunaan data: cukup gesek dua kali untuk menonaktifkan aliran data dan memeriksa jumlah data yang telah digunakan.


Google berharap, melalui program Android One, semua orang bisa mendapatkan smartphone berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. "​Ada banyak orang yang belum mampu membeli smartphone karena harganya mahal, atau belum mendapatkan akses ke software Android terbaru dan aplikasi populer lainnya. Android One hadir untuk mengatasi masalah ini," jelas Caesar di kantor Google Indonesia.

Indonesia merupakan negara kelima yang menjual Android One, setelah India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Menurut Caesar, Google akan terus menjalin kemitraan global dengan berbagai produsen perangkat keras seperti Acer, Asus, HTC, hingga Lenovo untuk membuat lebih banyak perangkat berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Ditanya mengenai berapa banyak target Android One terjual, Caesar menolak berkomentar karena menurutnya itu ada di ranah si pembuat ponsel.

"Yang penting bagi kami OS ini bisa berkembang dan bekerja di ponsel dengan baik. Fiturnya bisa berjalan baik, itu yang penting bagi kami", tandasnya.

(dew)

Loading