Sukses

Pabrik TV LG Makan Korban, 2 Orang Tewas 4 Terluka

Kebocoran nitrogen di pabrik LG di Korea Selatan memakan korban jiwa, dua orang tewas dan empat lainnya terluka.

Liputan6.com, Jakarta - Kebocoran nitrogen di pabrik TV LG di Korea Selatan memakan korban jiwa, dua orang tewas dan empat lainnya terluka. Dua orang korban yang diketahui berusia 30 tahunan itu dilaporkan meninggal karena sesak napas.

Dalam kejadian nahas itu, satu diketahui tewas di tempat kejadian, sementara satunya lagi meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Empat orang yang terluka dibawa ke rumah sakit untuk perawatan - satu dilaporkan berada dalam kondisi kritis.

Dilansir laman Mirror, Selasa (13/1/2014), kebocoran nitrogen terjadi di sebuah pabrik pembuat layar televisi (LCD dan lainnya) milik LG yang berlokasi di luar ibukota Seoul.

Menurut petugas pemadam kebakaran setempat, kebocoran terjadi karena katup silinder nitrogen tidak tertutup dengan rapat. Nitrogen sendiri adalah gas yang tidak berwarna dan tak berbau, namun ketika dihirup dapat menyebabkan sesak napas.

Nitrogen dibutuhkan LG dalam membuat layar LCD, di mana trifluorida nitrogen (campuran nitrogen dan fluorin) digunakan dalam proses 'uap deposisi kimia' yang membantu menciptakan layar super tipis, termasuk TV 4K.

Tapi sayangnya, gas nitrogen sangat buruk bagi lingkungan - 17.000 kali lebih efektif sebagai gas rumah kaca ketimbang karbon dioksida.

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini