Sukses

Samsung Lebih Memuaskan Pelanggan Dibanding Apple

Dari 70 ribu responden yang disurvei, kepuasan konsumen terhadap produk Samsung mencapai 81 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan purna jual sebelumnya menjadi andalan Apple guna memanjakan para konsumennya. Namun sayang servis Apple dilaporkan sudah tak lagi prima seperti sedia kala. Bahkan di sektor layanan konsumen, Apple kini dikabarkan telah kalah dibandingkan pesaing ketat mereka, Samsung.

Dilansir laman IB Times, menurut hasil survei indeks kepuasan pelanggan di Amerika Serikat yang dilakukan oleh Universitas Michigan, Samsung mampu memberikan kepuasan yang lebih baik bagi para pelanggannya. Dari 70 ribu responden yang disurvei, kepuasan konsumen terhadap produk Samsung mencapai 81 persen. Sedangkan Apple hanya berada di posisi kedua dengan 79 persen. Posisi ketiga dihuni dua vendor, yakni Nokia dan Motorola dengan 77 persen, disusul HTC dengan 75 persen.

Survei indeks kepuasan pelanggan ini sebelumnya selalu didominasi oleh Apple. Lalu apa penyebab menurunnya pelayanan Apple terhadap konsumen?

Sejumlah analis menduga masalah bertubi-tubi yang menyambangi iPhone 6 dan iPhone 6 Plus adalah penyebab utamanya. Seperti yang diketahui, pada masa awal perilisannya terdapat bug di perangkat iPhone 6. Lalu iPhone 6 Plus pun bermasalah dengan skandal 'bendgate', alias body iPhone 6 Plus yang dilaporkan mudah melengkung karena tekanan.

Layanan purna jual Apple sendiri tidak memberikan solusi efektif untuk kedua masalah tersebut. Sementara Samsung, meski penjualan smartphone andalan Galaxy S5 terhitung biasa-biasa saja, namun tidak ada masalah berarti yang menimpa produk besutan produsen asal Korea Selatan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini