Sukses

Baru 1 Jam Dirilis, Apple Tarik Update <i>Patch</i> iOS 8

Baru sekitar 1 jam dirilis ke publik, Apple telah menarik update software terbaru untuk sistem operasi mobile terbarunya iOS 8.

Liputan6.com, Jakarta - Baru sekitar 1 jam dirilis ke publik, Apple telah menarik update software terbaru untuk sistem operasi mobile terbarunya iOS 8. Update tersebut ditarik menyusul banyaknya keluhan yang datang dari pengguna.

Apple sendiri merilis patch pertama iOS 8, yakni iOS 8.0.1, untuk iPhone dan iPad pada Rabu (24/9/2014) sore kemarin. Patch ini dirilis untuk memperbaiki serangkaian masalah yang ada pada iOS 8. 

Menurut yang dilaporkan laman Telegraph, Kamis (25/9/2014), pengguna yang men-download update tersebut mengeluh bahwa sinyal telepon mereka hilang. Muncul tulisan "no service". Akibatnya mereka tidak bisa menelepon.   

Keluhan lainnya adalah soal fitur Touch ID, yang memungkinkan pengguna untuk membuka iPhone mereka hanya dengan menggunakan sidik jari. Namun setelah men-download update tersebut, fitur itu justru tak bisa berfungsi.

Apple pun mengeluarkan pernyataan resminya pasca menarik update tersebut. 

"Kami telah menerima laporan terkait masalah pada update iOS 8.0.1. Kami saat ini sedang menyelidiki laporan ini dan akan memberikan informasi secepatnya. Sementara itu kami menarik kembali update iOS 8.0.1," kata Apple.

Bagi pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang sinyal selulernya hilang dan Touch ID-nya tidak berfungsi setelah meng-update ke iOS 8.0.1, Apple memberikan solusinya. 

"Pengguna yang terkena masalah ini dapat menginstal ulang iOS 8 melalui iTunes, untuk informasi lebih lanjut kunjungi http://support.apple.com/kb/HT6487," lanjut Apple lagi.

Perusahaan yang dinahkodai oleh Tim Cook itu meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Apple mengklaim akan menyiapkan update iOS 8.0.2 untuk memperbaiki masalah itu dan merilisnya secepat mungkin dalam beberapa hari ke depan.

Sejak dirilis pada tanggal 17 September hingga periode 21 September 2014, iOS 8 diklaim Apple telah digunakan oleh 46 persen perangkat Apple termasuk iPhone, iPad dan iPod. Sementara itu adopsi iOS 7 jadi turun menjadi 49 persen, dan 5 persen lagi masih menggunakan iOS versi sebelumnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • iOS 8

Video Terkini