Sukses

Ini Visi Onno W. Purbo Jika Terpilih Jadi Menkominfo

Liputan6.com, Jakarta - Pakar teknologi dan informasi Indonesia, Onno W. Purbo, masuk dalam daftar calon Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dalam Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR) yang diusung tim Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla.

Meski belum secara eksplisit menyatakan kesiapannya menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), namun Onno mengaku telah memiliki visi pribadi jika nantinya memang ia terpilih menjadi Menteri.

[baca: Jika Jadi Menkominfo, Onno W. Purbo: Anggap Bonus]

"Visi pribadi saya dari dulu itu ingin melihat bangsa Indonesia bisa hidup dari otaknya. Bangsa ini bisa berdaulat, bisa bersaing, bahkan jadi lebih hebat dibandingkan negara-negara lain kalau SDM-nya pintar-pintar. Ini visi pribadi saya, tidak jadi Menteri pun visi saya dari dulu seperti ini," ujar Onno di acara peluncuran Onno Center yang berlangsung Kamis (28/8/2014) di Jakarta.

Lebih lanjut Onno menjelaskan, ada tiga tahap permasalahan utama yang dihadapi bangsa Indonesia terkait perkembangan sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya di bidang internet.

Pertama, masih ada wilayah-wilayah di Indonesia yang belum tersentuh jaringan internet. Kedua, banyak wilayah yang sudah memiliki konektivitas internet, namun masih lambat. Ketiga, bagaimana caranya membuat fasilitas internet di Indonesia menjadi murah.

Ketiga permasalahan tersebut berkesinambungan dan salah satu cara yang paling efektif untuk menyelesaikannya adalah meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

"Solusi untuk permasalah pertama kita ajarkan orang-orang di pelosok untuk bisa menciptakan internet sendiri. Permasalah kedua kita selesaikan dengan menyiapkan infrasturktur, terutama dengan menarik jalur kabel fiber optik. Dan untuk masalah ketiga, jalur fiber optik kan mahal, biar murah harus dipakai banyak orang. Satu-satunya jalan adalah kita edukasi masyarakat agar semakin banyak yang melek internet," terang Onno.

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang teknologi dan informasi memang menjadi fokus utama Onno Center, sebuah pusat kegiatan berbasis TIK bagi kepentingan rakyat banyak.

Para penggagas Onno Center yang terdiri dari berbagai kalangan pelaku industi TIK sepakat bahwa Indonesia memerlukan organisasi yang bisa menampung ide, gagasan, penelitian, kreatifitas, inovasi, serta hasil karya Onno sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa Indonesia.