Sukses

Jika Jadi Menkominfo, Onno W. Purbo: Anggap Bonus

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu belakangan ini nama pakar teknologi dan informasi, Onno W. Purbo, santer dikabarkan menjadi salah satu kandidat kuat pemangku jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).

Dukungan dari berbagai kalangan pun mengalir pada teknokrat peraih penghargaan Ganesha Innovation Championships Award (GICA) 2014 ini. Para pengguna internet di Indonesia beramai-ramai merilis petisi online di website change.org dengan judul 'Dukung Onno W Purbo Turun Tangan menjadi Menteri Informasi dan Teknologi'.

Bak gayung bersambut, meski sebelum-sebelumnya nampak kurang berminat menjadi Menteri, namun pada acara peluncuran Onno Center, pria lulusan ITB jurusan Teknik Elektro itu mulai menunjukkan gelagat kesiapannya menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2014-2019. 

"Onno Center ini tujuan utamanya sih untuk mencerdaskan masyarakat. Ada yang bilang cara saya selama ini salah karena bergerak sendiri dan sistemnya langsung turun ke masyarakat. Dengan Onno Center jadi lebih terfokus strateginya dan dampaknya pun bisa lebih masif. Kalau nanti terpilih jadi Menteri ya anggap saja bonus," ungkap Onno saat di temui tim Tekno Liputan6.com, Kamis (28/8/2014) di Jakarta.

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang teknologi dan informasi memang menjadi fokus utama Onno Center. Pusat kegiatan yang menjadikan sosok Onno W. Purbo sebagai ikon pergerakan ini didukung oleh para pelaku industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

"Pengembangn infrastruktur dan lain-lain itu cuma alat, yang penting adalah SDM-nya. Indonesia bisa lebih berdaulat jika SDM-nya pintar, pabrik dan lain-lain itu nyusul," papar Onno.

Para penggagas Onno Center sepakat bahwa Indonesia memerlukan organisasi yang bisa menampung ide, gagasan, penelitian, kreatifitas, inovasi, serta hasil karya Onno sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat banyak.

Bidang-bidang utama yang akan diproriataskan oleh Onno Center adalah pengembangn internet desa, percepatan implementasi internet sekolah, pengembangan sistem operasi berbasis opern source, pengembangan openBTS, dan masih banyak lagi yang mengedepankan kontribusi besar bagi rakyat Indonesia.