Sukses

Robot Juga Ikut Meriahkan Pesta Piala Dunia 2014

Ingin ikut terhanyut dalam pesta akbar sepakbola sejagat, para robot juga turut meriahkan Piala Dunia 2014.

Liputan6.com, Brasil - Brazil dan Jerman tengah bersiap-siap untuk bertanding di semifinal Piala Dunia 2014. Untuk memeriahkan pesta sepakbola akbar tersebut, sekelompok robot juga tengah mempersiapkan diri untuk bertanding di laga Piala Dunia versi robot yaitu RoboCup 2014.

Mengutip laman Business Insider, Rabu (9/7/2014), pertandingan yang akan digelar di Joao Pessoa, Brasil pada 19 Juli ini melibatkan sekitar 4.000 insinyur dan ilmuwan dari 45 negara. Mereka akan menjaga dan mengontrol para robot yang berpartisipasi dalam RoboCup tahun ini.

Selama enam hari kompetisi berlangsung, robot independen yang dikendalikan tanpa remote control itu akan bermain sepak bola - mematuhi aturan yang sama seperti pertandingan sepak bola sebenarnya.

Pertandingan itu disebut akan dipimpin oleh seorang wasit (manusia) dan satu wasit robot untuk memastikan permainan berjalan dengan baik.


Salah satu tim robot yang akan berlaga di pertandingan ini adalah mahasiswa dari Universitas Plymouth. Mereka membuat beberapa perubahan teknis sebelum berangkat ke Brasil dan bersaing dalam turnamen, di mana tim-tim robot terkemuka di dunia bersaing di tujuh liga yang berbeda, termasuk tim dari Amerika, Jepang, China, dan Eropa.

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1997 di Nagoya, Jepang, RoboCup telah tumbuh menjadi sebuah proyek yang menyedot perhatian dunia karena menyediakan terobosan baru dalam penelitian robot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini