Sukses

Menang Kontes Google Doodle, Bocah 11 Tahun Kantongi Rp 950 Juta

Dalam kontes Google 4 Doodle, bocah itu diminta untuk membuat ilustrasi yang bertemakan `Air Bersih`.

Liputan6.com, Long Island - Sebuah prestasi yang membanggakan diraih oleh gadis cilik berusia 11 bernama Audrey Zhang. Bocah asal Long Island, Amerika Serikat tersebut berhasil memenangi penghargaan dari kontes Doodle 4 Google, kontes tahunan yang diadakan oleh Google.

Dalam kontes itu Zhang diminta untuk membuat ilustrasi Google Doodle yang bertemakan `Air Bersih`. Google Doodle sendiri adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk ditampilkan di halaman utama Google pada saat ada peringatan atau even tertentu di setiap negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NEXT

Rancang Karya Unik

Karya Zhang menampilkan sebuah hutan hijau dengan danau kecil di tengahnya. Terlihat dua robot mirip gajah yang menyedot air kotor yang telah tercemar, kemudian diolah untuk menjadi air bersih.

"Untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, aku membuat sebuah gambar pemurni air transformatif," kata Zhang, seperti dikutip dari laman Huffington Post, Minggu (15/6/2014).

Bocah berdarah Tiongkok itu berpendapat, pemurni air tersebut berguna untuk membersihkan air kotor dan air sungai, air danau dan bahkan air laut yang tercemar.

3 dari 4 halaman

NEXT

Kalahkan 250 Finalis

"Secara perlahan itu akan mengubah air kotor menjadi bersih dan aman untuk diminum. Ketika manusia dan hewan minum air ini, mereka akan menjalani hidup sehat," tambahnya.

Karyanya yang berjudul `Back to Mother Nature` membuat Zhang berhasil mengalahkan lebih dari 100 ribu gambar dari 250 finalis di berbagai negara. Atas raihan itu karyanya menjadi tampilan Google Doodle di Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

4 dari 4 halaman

NEXT

Dapat Beasiswa Rp 950 Juta

Tak hanya itu, Zhang juga memperoleh beasiswa sebesar US$ 30 ribu dan US$ 50 ribu dari Google untuk pendidikan teknologi di sekolahnya. Jika dijumlahkan, Zhang meraih total beasiswa US$ 80 ribu atau sekitar Rp 950 juta.

Google juga memasukkan nama Zhang dalam sumbangan senilai US$ 20 ribu atau sekitar Rp 236 juta untuk ketersediaan air bersih di Bangladesh. Selain Zhang, Google juga memberikan penghargaan kepada lima pemenang nasional dari setiap kelompok usia peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini