Sukses

HTC One M8 VS Samsung Galaxy S5, Pilih Mana?

Kedua smartphone kelas atas itu dibekali dengan spesifikasi mumpuni dan serangkaian fitur inovatif. Mana yang Anda pilih?

Liputan6.com, Jakarta Menyusul Samsung Galaxy S5, HTC memperkenalkan smartphone unggulan teranyar mereka, HTC One M8. Dengan munculnya dua handset tersebut, persaingan di pasar smartphone segmen premium otomatis untuk sementara diperebutkan kedua produk andalan masing-masing vendor itu.

Kedua smartphone kelas atas itu dibekali dengan spesifikasi mumpuni dan serangkaian fitur inovatif. Namun manakah di antara keduanya yang lebih unggul?

Untuk lebih jelasnya, mari kita bersama-sama membandingkan sektor per sektor dari Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8:

Dimensi dan desain

Secara desain, HTC M8 terlihat lebih premium dibandingkan Samsung Galaxy S5. HTC One M8 diklaim telah menggunakan body full metal. Desain unybody-nya yang ergonomis tampak kokoh dan terkesan premium berkat bezel tipis yang dihadirkan. Sementara Galaxy S5 masih seperti pendahulunya, Galaxy S4, yang menggunakan material plastik.

Di sektor layar, HTC One M8 sedikit lebih besar dari pendahulunya, HTC One, untuk mengakomodasi baterai yang lebih besar dengan layar melebar dari 4,7 inci menjadi 5 inci. Samsung juga melakukan hal serupa pada Galaxy S5. Layar Galaxy S5 seluas 5.1 inci. Artinya, layarnya lebih luas 0,1 inci dibandingkan HTC One M8.

Untuk resolusi layar mungkin Samsung bisa sedikit berbangga hati. HTC One M8 'hanya' menggunakan Super LCD 3 beresolusi 1920x1080 pixel. Samsung Galaxy S5 lebih unggul karena mengusung layar Super AMOLED beresolusi serupa.

Selain urusan resolusi layar, Galaxy S5 juga unggul di sektor desain karena memiliki kemampuan tahan air. Sedangkan HTC belum menyertakan kemampuan itu pada smartphone terbarunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa dan Kamera



Sistem operasi dan performa

Keduanya telah dibekali dengan sistem operasi Android terbaru versi 4.4.2 Kitkat. Namun HTC One M8 menjadi lebih menarik karena sudah menggunakan anatrmuka baru HTC Sens 6 besutan mereka sendiri.

Di sektor dapur pacu, HTC One M8 disokong dengan prosesor Snapdragon 801 Quad Core 2,3 GHz. Sedangkan Galaxy S5 memilih Snapdragon 801 Quad Core dengan kecepatan 2,5 GHz. Untuk urusan RAM, keduanya menggunakan RAM berkapasitas 2 GB.

Kamera

Bagian kamera menjadi hal yang paling seru untuk diperbincangkan. HTC One M8 dianggap unggul karena menerapkan teknologi inovatif terbaru. HTC One M8 digadang-gadang sebagai smartphone pertama di dunia yang dibekali fitur dua buah kamera utama dan satu kamera depan.

Fitur Duo Camera memang menjadi daya tarik tersendiri yang dihadirkan pada HTC One M8. Terdapat dua kamera (besar dan kecil) di bagian belakang, dan dua lampu kilat LED. Kedua kamera tersebut memiliki peran yang berbeda. Kamera belakang yang berukuran besar berfungsi untuk menangkap ruang objek yang lebih lebar (wide), sementara kamera yang kecil untuk mengambil kedalaman gambar (depth).

Kamera HTC One M8 disebutkan juga masih mengusung teknologi resolusi 4,1 Ultrapixel. Teknologi ini diklaim mampu menangkap 1/3 kali lebih banyak cahaya dibandingkan kamera smartphone lainnya.

Berbeda dengan HTC, Samsung mempersenjatai Galaxy S5 dengan kamera bersolusi besar 16 megapixel. Nyaris tidak ada perubahan berarti dibandingkan pendahulunya, Galaxy S4.

Nah, dengan keunggulan yang diusung masing-masing handset, keduanya dibanderol dengan harga yang juga premium. Untuk HTC One M8, harga resminya sendiri memang belum dipastikan, namun menurut yang dilansir laman Sidney Morning Herald, smartphone anyar itu akan dipasarkan di Australia dengan banderol 899 dollar Austrarila. Sedangkan Galaxy S5 akan dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 8,5 juta. Pilih mana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.