Sukses

Bos Android Komentari Nokia X

Liputan6.com, Barcelona Kehadiran tiga smartphone Android debutan dari Nokia membuat Sundar Pichai, Senior vice president Android and Chrome angkat bicara. Pada sesi wawancara penutupan ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 yang telah berakhir kemarin, Kamis (27/2/2014), pria India kelahiran 42 tahun lalu itu tampak gembira dimintai komentar oleh para wartawan terkait Nokia X, bahkan hingga tertawa.

Sembari menahan tawa Pichai mengatakan, "kehadiran Nokia X menunjukkan bahwa Android adalah sistem operasi bebas yang boleh digunakan siapa pun, kami tidak berbohong, itu yang sebenarnya." Demikian yang dilansir laman BGR, Jumat (28/2/2014).

Selain mengomentari Nokia X, Pichai juga mengutarakan jika dirinya tak mengerti tujuan dari manuver bisnis yang dilakukan oleh Microsoft dengan mengakuisisi divisi perangkat Nokia. Ia tidak yakin Microsoft sudah memiliki rencana jelas dengan Nokia.

Seperti yang diketahui, Nokia akhirnya secara resmi mengumumkan kehadiran ponsel berbasis Android pertamanya. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan asal Finlandia langsung memperkenalkan tiga handset berbasis robot hijau sekaligus.

Handset yang selama ini dikenal dengan kode nama Normandy tersebut menampakkan diri di perhelatan MWC 2014 di Barcelona, Spanyol dengan nama Nokia X, X+ dan XL. 

Menurut yang dilansir Cnet, Nokia melabeli ketiganya dengan kode X sebagai penanda bagi ponsel bersistem operasi Android 4.1 Jelly Bean itu menggabungkan keunikan pengalaman khas ponsel seri Asha dan Windows Phone.

Keunikan tersebut terasa dengan absennya Google PlayStore namun kehadiran layanan khas Nokia seperti Nokia Store, Here Maps dan Nokia MixRadio. Selain itu, layanan khas Microsoft seperti Skype, Outlook dan OneDrive juga turut disematkan pada ponsel Android 'ramah di kantong' ini.

Baca juga:
Siap-siap, Nokia Android Segera Menyambangi Negara Ini
Nokia Akhirnya Mau Adopsi Android, Kenapa?
Nokia : Smartphone Andorid Akan Buat Microsoft Makin Jaya
Akhirnya, Ponsel Nokia Android Menampakkan Diri
Nokia XL, Smarphone Android Nokia Berlayar Bongsor
Nokia Android Akan Diproduksi di Negara Ini