Sukses

Grand Final PLN Mobile Proliga 2024 Digelar di Indonesia Arena Senayan, Kapasitas Venue Jadi Pertimbangan

Kapasitas Indonesia Arena Senayan yang bisa menampung sampai 16 ribu penonton jadi pertimbangan dipilih jadi venue grand final PLN Mobile Proliga 2024

Liputan6.com, Malang - Grand final PLN Mobile Proliga 2024 bakal digelar di Indonesia Arena Senayan Jakarta. Melihat antusias penonton yang tinggi, maka kapasitas venue pertandingan turut jadi salah satu pertimbangan dalam menentukan lokasi.

Wakil Direktur Proliga, Reginald Nelwan, mengatakan, pelaksanaan Grand Final PLN Mobile Proliga 2024 tidak berubah, tetap sesuai jadwal semula yakni pada 20-21 Juli 2024. Lokasinya ditetapkan di Indonesia Arena Senayan Jakarta.

"Hanya tempatnya saja yang berubah, dipindah ke Jakarta," kata Reginald di Malang, Sabtu, 15 Juni 2024.

Regi menambahkan, sebenarnya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) tak berencana memindah venue grand final di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Namun menurut informasi pengelola jadwalnya berbarengan dengan sebuah kegiatan lain.

Selain itu, melihat tingginya antusiasme penonton dalam PLN Mobile Proliga putaran satu minggu pertama di Yogyakarta, April lalu turut jadi pertimbangan. Sehingga butuh stadion berkapasitas lebih besar. Indonesia Arena mampu menampung 16 ribu penonton.

Regi menyebut dua minggu lalu Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menginformasikan bila Indonesia Arena Senayan tersedia. Maka diputuskan memindah venue sekaligus dengan pertimbangan venue dengan kapasitas penonton lebih besar.

"Maka kami alihkan ke yang lebih besar. Semoga Indonesia Arena bisa memenuhi itu," tutur Regi.

Final Proliga terakhir di Jakarta pada 2009. Saat itu, Surabaya Samator dan Jakarta Electric PLN jadi kampiun di Istora Senayan. Grand Final PLN Mobile Proliga 2024 diharapkan memupus kerinduan para pecinta olahraga ini.

"Banyak yang bertanya kapan lagi voli digelar di Jakarta. Inilah salah satunya," ucap Regi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Even Internasional

Indonesia Arena Jakarta dinilai sangat siap jadi, itu mengacu saat pertandingan eksbisi klub Liga Voli Korea, Daejeon JungKwanJang Red Sparks melawan tim Indonesia All-Star pada 20 April 2024 lalu tiketnya terjual habis.

"Artinya bolavoli di Indonesia tidak hanya prestasi, tapi juga tontonan," ucap Regi.

Laga eksebisi dan Grand Final PLN Mobile Proliga 2024 sekaligus jadi persiapan bagi federasi. Ke depan, bakal lebih banyak even besar skala internasional yang dihelat di Indonesia Arena Senayan Jakarta.

"Jadi ini titik awal, sekaligus persiapan agenda yang lebih besar," kata Regi.

PLN Mobile Proliga 2024 seri berikutnya akan digelar di Pontianak pada 20-23 Juni 2024. Setelah itu masuk babak final four I di GOR Jayabaya Kediri pada 4-7 Juli 2024 dan di Sritex Arena Solo pada 11-14 Juli 2024. Puncaknya di Grand Final di Jakarta 20-21 Juli 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.