Sukses

Pejabat Kemenhub Ngajak YouTuber Korea ke Hotel Dibebastugaskan sebagai Kepala Kantor UPBU di Kolaka

Adita menuturkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan agar kebenaran berita yang tengah viral tersebut segera diusut dan diberikan sanksi tegas jika terbukti bersalah. Untuk itu, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan tengah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membebastugaskan Asri Damuna, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, usai secara terang-terangan ngajak YouTuber asal Korea Selatan, JIAH, untuk main ke hotel. Video ajakan viral di media sosial.

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan di Jakarta, Jumat 11 Mei 2024.

Adita menyampaikan pembebastugasan tersebut dilakukan guna memudahkan penyelidikan lebih lanjut terkait video Asri yang tengah viral media sosial.

Dia menuturkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan agar kebenaran berita yang tengah viral tersebut segera diusut dan diberikan sanksi tegas jika terbukti bersalah. Untuk itu, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan tengah dilakukan.

"Jika terbukti benar maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga maruah sebagai aparatur sipil negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," kata Adita.

Sebelumnya, sebuah video viral di masyarakat. Dalam video tersebut, seorang Youtuber asal Korea Selatan, Jiah, yang tengah berlibur di Manado, Sulawesi Utara, didatangi oleh pria yang diduga adalah Asri Damuna.

Dalam video berjudul "Berbincang dengan Para Pria | Petualangan ke Bunaken dari Manado" tersebut, Jiah awalnya sedang menikmati makanannya sendirian ketika dia diajak oleh dua pria di meja seberang untuk berbincang.

Kedua pria tersebut bertanya kepada Jiah dari mana asalnya, dan kemudian mengundangnya untuk bergabung dengan mereka untuk saling berkenalan.

"Gabunglah dengan kami di sini. Kamu boleh bergabung di sini," ucap salah satu dari mereka dalam video Jiah di YouTube.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baru Kenal

Jiah dan kedua pria yang baru dikenal tersebut kemudian berbincang dan berbagi cerita. Jiah mengungkapkan bahwa ia sedang menuju ke Bunaken, sementara kedua pria tersebut berada di Manado karena urusan bisnis.

Salah satu dari mereka bahkan bertanya kepada Jiah di mana ia menginap. Mereka bahkan mengundang Jiah untuk bergabung ke hotel tempat kedua pria tersebut menginap.

"Kalau kamu mau mampir ke hotel, kamu boleh. Kamu boleh mampir ke hotelku," ucap salah satu dari mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.