Sukses

Polda Jatim: Viral Video KPPS Dibacok di Madura Hoaks, Jangan Disebarkan

Polda Jatim memastikan video viral berisi penganiayaan oleh sekelompok warga terhadap petugas pemilu yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sehingga di salah satu TPS tidak bisa melaksanakan pemungutan suara, adalah tidak benar alias hoaks.

Liputan6.com, Surabaya - Polda Jatim memastikan video viral berisi penganiayaan oleh sekelompok warga terhadap petugas pemilu yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sehingga di salah satu TPS tidak bisa melaksanakan pemungutan suara, adalah tidak benar alias hoaks.

Disebutkan, di Madura satu desa tidak bisa milih karena tidak mendapat kartu dan Ketua PPS nya didatengin ke rumahnya lalu dibacok.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto menegaskan bahwa informasi terkait KPPS dibacok itu adalah hoaks.

Kombes Pol Dimanto meminta agar Masyarakat tidak mudah terprovokasi dan memprovokasi isu yang belum jelas kebenarannya.

Kalaupun menerima informasi baik itu melalui group -group WA ataupun medsos lainya, agar tidak disebarkan sebelum kebenarannya informasi itu diketahui.

“Video terkait kasus KPPS yang dibacok itu adalah informasi hoaks, tolong jangan disebarkan,”tegas Kombes Dirmanto, Kamis (15/2/2024).

Ia menegaskan, hingga saat berita ini ditulis, suasana di desa tersebut sudah kondusif setelah mediasi berjalan lancar. Pemungutan suara di TPS tersebut juga berjalan aman.

Kabidhumas Polda Jatim kembali menghimbau kepada seluruh Masyarakat, agar tidak menyebarkan informasi – informasi hoaks.

“Saring dulu sebelum sharing, pastikan kebenarannya,” tutup Kombes Dirmanto. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilu Berjalan Baik dan Kondusif

Plh Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menegaskan pelaksanaan pemilu 2024 di Jatim berjalan baik, tertib dan kondusif. Hal itu juga ia pastikan langsung dengan meninjau lokasi pemungutan suara di dua kabupaten kota di Jatim hari ini. Untuk itu ia mengapresiasi seluruh pihak yang bertugas.

"Kedatangan kami untuk mengecek dan memastikan langsung proses pemilihan umum ini berjalan lancar dan aman. Secara umum pelaksanaan pemilu di Jawa Timur berjalan dengan baik, tertib dan kondusif. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras. Mulai dari bupati/walikota dan jajarannya juga KPPS dan KPUD serta dengan Bawaslu. Anda memang luar biasa,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.