Sukses

Ragam Kegiatan Capres Sehari Jelang Coblosan Pemilu 2024: Anies Rileks, Prabowo Pengajian dan Ganjar Perenungan

Coblosan pemilu 2024 tinggal sehari lagi atau 14 Februari 2024. Sembari menunggu hari coblosan Para calon presiden (capres) memilih untuk cooling down dan mengurangi sejumlah aktifitas sebelum berangkap ke TPS besok.

Liputan6.com, Jakarta - Coblosan pemilu 2024 tinggal sehari lagi atau 14 Februari 2024. Sembari menunggu hari coblosan Para calon presiden (capres) memilih untuk cooling down dan mengurangi sejumlah aktifitas sebelum berangkap ke TPS besok.

Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengaku tidak memiliki persiapan khusus jelang pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024. Anies menyampaikan, dirinya relatif rileks dan bakal menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

"Tidak ada persiapan khusus. Terima kasih, kegiatan kita itu. Jadi tidak ada persiapan khusus hari ini. Kita relatif rileks kemudian sore malam nanti bersama keluarga," kata Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2024).

Anies menyebut, bakal pergi mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) bersama keluarganya. TPS Anies berada tak jauh dari kediamannya di Jalan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Kami sekeluarga tentu akan nyoblos di TPS di lingkungan kami pagi-pagi. Kemudian sesudah itu kami akan ke markas di Jalan Diponegoro di markas Timnas," ungkap dia.

Anies menjelaskan, sebelum menuju TPS dia dan keluarga bakal berdoa hingga sungkeman terlebih dahulu. "Seperti biasa, kita doa. Dan doa tidak pernah putus dari kemarin," ujar Anies.

Lebih lanjut, dia juga mengajak kepada semua massa pendukung untuk turut berdoa. Anies meminta pendukungnya berdoa untuk kelancaran pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Berdoa agar dalam pilpres besok, aspirasi untuk perubahan akan bisa mendapatkan porsi yang besar, akan bisa mendapatkan dukungan yang luas," kata dia.

Adapun Anies bakal mencoblos di TPS 60 Kelurahan Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. Anies dijadwalkan bakal menuju ke TPS pada pukul 07.00 WIB.

Prabowo Doa Bersama

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto akan mengadakan doa bersama jelang hari pemungutan suara atau pencoblosan 14 Februari 2024.

Hal itu sampaikan Juru Bicara (Jubir) Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dia mengatakan, doa bersama digelar di kediaman Prabowo di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (13/2/2024) malam.

"Pak Prabowo ada pengajian terbatas begitu, terkait dengan ya berdoa lah yang terbaik untuk bangsa dan negara untuk esok hari," kata Dahnil di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2024).

Dahnil mengatakan, doa bersama juga digelar di dilakukan di Media Center TKN Prabowo-Gibran. Adapun, dijadwalkan setelah adzan magrib.

"Rencana nanti ba'da magrib ya," ucap dia.

Dahnil kemudian menyampaikan pesan Prabowo. Dia berharap pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik, damai. Masyarakat diminta untuk terus menjaga persatuan.

"Besok kita serahkan sepenuhnya kepada rakyat Indonesia dan kepada Allah SWT," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Perenungan

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, Hasto Kristiyanto mengungkap sejumlah kegiatan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar-Mahfud selama masa tenang Pemilu 2024. Menurut dia, keduanya mempunyai agenda yang berbeda.

“Ganjar kegiatannya merenungkan seluruh aspirasi rakyat. Karena ketika kampanye, kenapa kami sebut hajatan, harapan jutaan rakyat,” kata Hasto di Markas TPN Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara Jakarta Pusat, Minggu (11/2/2024).

Hasto menjelaskan, banyak pihak yang sudah menuliskan harapan harapan kepada Ganjar-Mahfud seperti agar ada lapangan pekerjaan untuk anak muda, kesempatan sekolah, pendidikan vokasi ke luar negeri bahkan per desa ada yang mengatakan tiga orang dikirim untuk mengembangkan hal hal yang menjadi keunggulan desa, juga KTP sakti. 

“Jadi seluruh janji janji kampanye dan Aspirasi rakyat itu kami kompilasikan,” tutur Hasto.

Selain merenungkan pelbagai harapan rakyat tersebut, Hasto menambahkan kegiatan doa berjamaah juga dilakukan Ganjar bersama di seluruh kantor-kantor partai tim pemenangan. 

“Kami berdoa untuk memohon agar Pemilu bisa berjalan dengan damai dan ada kekuatan kebenaran sehingga seluruh rakyat bisa bergerak tanpa intimidasi,” harap Hasto.

Ganjar Pranowo, akan mencoblos di TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang pada 14 Februari besok.

"Di Semarang karena KTP saya masih Semarang," kata Ganjar, Selasa (23/12024).

Berdasar data yang diterima, Lokasi TPS 11 berada di samping rumah mantan Wali Kota Semarang sekaligus ketua DPC PDIP Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Ganjar disebut akan mencoblos bersama istri, Siti Atikoh dan anaknya Alam Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.