Sukses

KCIC Sediakan Park and Ride di Stasiun Kereta Cepat Whoosh, Simak Tarifnya

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan fasilitas park and ride bagi penumpang di stasiun Kereta Cepat Whoosh. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan penumpang yang bepergian Jakarta dan Bandung dalam satu hari.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan fasilitas park and ride bagi penumpang di stasiun Kereta Cepat Whoosh. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan penumpang yang bepergian Jakarta dan Bandung dalam satu hari.

"Banyak penumpang yang memanfaatkan Whoosh pagi dari Halim, kemudian berlibur di Bandung, dan kembali ke Jakarta di malam hari. Penumpang tidak perlu lagi repot-repot menggunakan kendaraan sendiri ke Bandung dan cukup memanfaatkan fasilitas parkir yang nyaman dan aman yang telah KCIC sediakan," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa, Selasa (10/1/2024), dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, 48 persen penumpang kereta cepat Whoosh adalah masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Jakarta atau Bandung.

Oleh karena itu, diperlukan fasilitas park and ride yang nyaman agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum.

KCIC menyediakan fasilitas parkir di Stasiun Kereta Cepat Halim dengan kapasitas 212 mobil. Sedangkan di Stasiun Kereta Cepat Tegalluar dengan kapasitasnya mencapai 107 mobil dan 220 motor.

Adapun untuk fasilitas Park and Ride di Stasiun Bandung dan Padalarang juga telah tersedia di area parkir stasiun milik KAI.

Selain berdasarkan jam, layanan parkir di Stasiun Kereta Cepat juga mengakomodir fasilitas menginap. Untuk kemudahan transaksi dan mendukung gerakan non tunai, pembayaran parkir di kedua stasiun kereta cepat tersebut seluruhnya sudah menggunakan kartu uang elektronik.

Eva menjelaskan, KCIC bersama operator pengelola jasa parkir juga sudah menempatkan petugas dan fasilitas keamanan yang senantiasa menjaga kendaraan penumpang, sehingga penumpang tidak perlu khawatir jika ingin menyimpan dan menitipkan mobil di area parkir stasiun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tarif Park and Ride

Di Stasiun Halim:

1. Mobil 1 Jam pertama: Rp 5.000 Setiap jam berikutnya: Rp 4.000

Menginap: Akumulasi per jam pertama ditambah beberapa setiap jam berikutnya selama mobil terparkir.

2. Box 1 Jam pertama: Rp 5.000 Setiap jam berikutnya: Rp 4.000

Menginap: Akumulasi per jam pertama ditambah beberapa setiap jam berikutnya selama mobil terparkir.

Di Stasiun Tegalluar:

1. Mobil 1 Jam pertama: Rp 3.000 Setiap jam berikutnya: Rp 3.000

Menginap: Maksimal Rp 30.000

2. Box 1 Jam pertama: Rp 4.000 Setiap jam berikutnya: Rp 4.000

Menginap: Maksimal Rp 30.000

3. Truk atau minibus Flat: Rp 10.000

4. Bus Flat: Rp 10.000.

3 dari 3 halaman

Layani 1 Juta Penumpang

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023, jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh telah mencapai 1.028.216 penumpang.

Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menyebut pencapaian ini menunjukkan tingginya permintaan masyarakat akan transportasi umum yang modern dengan efisiensi waktu tempuh dan kenyamanan.

"Mencapai 1 juta penumpang hanya dalam waktu dua bulan merupakan bukti tingginya kebutuhan akan transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia,” kata Dwiyana dalam keterangan tertulis di Bandung, Selasa.

Dwiyana mengatakan kehadiran kereta cepat Whoosh mendapatkan respons yang sangat baik dari masyarakat, terlihat dari okupansi rata-rata mencapai penumpang mencapai 90 persen dari total ketersediaan tempat duduk di setiap rangkaian.

“KCIC akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan Whoosh tetap menjadi pilihan utama untuk perjalanan masyarakat antara Jakarta dan Bandung,” katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.