Sukses

Hujan Lebat dan Angin Kencang Terjang Jember, Pohon Bertumbangan dan Rumah Warga Rusak

Hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Jember pada Senin sore (8/1/2024). Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan atap rumah warga rusak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Liputan6.com, Jember - Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan atap rumah warga rusak di Jember.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kepala BPBD Jember,Widodo Julianto mengatakan,  hujan yang disertai angin kencang tersebut melanda wilayah Jember sekitar pukul 14.00 Wib. Tidak berlangsung lama, BPBD Jember mendapatkan laporan sejumlah pohon tumbang.

“Hingga pukul 16.00 Wib BPBD Jember mendapatkan laporan pohon tumbang berada di 6 titik. Antara lain di belakang Indomaret Pandora jalan Mastrip, Kecamatan Sumbersari, di Jalan Tawang Mangu Kelurahan sumbersari,” ujar Widodo.

Kata dia, Pohon tumbang juga terjadi di belakang Politieknik Jember, di depan Hotel Rien Collection, di City Forest Arum Sabil, di Perumahan Puri Bunga Nirwana, dan di dekat SMP Negeri 9 Jember dan di Kelurahan Antirogo Sumbersari.

Selain pohon tumbang angin kencang juga merobohkan atap bangunan warung dan rumah warga di Jalan Tidar, Kecamatan Sumbersari Jember.

Hingga saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jember sudah dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pembersihan dan pendataan.

“Sejumlah pohon umbang sudah dibersihkan, salah satunya di Kelurahan Antirogo, petugas masih terus bergeser melakukan  pembersihakan di lokasi lainya,” papar Widodo.

Meski tidak ada korban jiwa, Widodo mengimbau kepada masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan disertai angin kencang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Pohon Rawan Tumbang di Jember

Sebab, masih banyak pohon rawan tumbang di Jember yang berada di pinggir jalanan umum. Hal itu cukup berbahaya

“Saya mengimbau kepada masyarakat dan pengelola pariwisata agar mengecek pohon-pohon besar di dekatnya. Jika membahayakan lakukan perembesan, kalau perlu lakukan penebangan,”tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.