Sukses

Kapolda Jatim: Menyambut Tahun Baru dengan Kemeriahan Itu Bukan Budaya Kita

Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto mengimbau masyarakat agar merayakan malam Tahun Baru 2024 dengan sederhana.

Liputan6.com, Surabaya - Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto mengimbau masyarakat agar merayakan malam Tahun Baru 2024 dengan sederhana.

"Saya mengimbau menyambut Tahun Baru dengan suka cita boleh tapi harus dengan sederhana, menyambut dengan kemeriahan itu bukan budaya kita," kata Kapolda Jatim di Surabaya, Minggu (31/12/2023).

Untuk itu, Kapolda mengimbau masyarakat supaya tidak euforia berlebihan sehingga melemahkan kewaspadaan yang berpotensi menjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Jenderal bintang dua itu juga meminta masyarakat untuk tidak usah melakukan konvoi saat Tahun Baru, karena akan mengganggu pengguna jalan lain dan mengganggu masyarakat yang sedang istirahat.

"Untuk konvoi sebaiknya tidak usah dilakukan," ucapnya.

Sementara untuk knalpot brong, Imam mengemukakan bahwa kepolisian lalu lintas membentuk satgas yang telah melakukan operasi sampai pagi hari.

"Alhamdulillah sampai sekarang efektif. Namun, ada informasi di daerah Kertajaya Surabaya bahwa balapan dengan knalpot brong masih berlangsung, kita akan ke sana," ujarnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjamin pengamanan perayaan malam tahun baru di Jatim berjalan dengan aman dan nyaman, termasuk untuk para wisatawan yang berkunjung.

"Kita datang untuk mengecek bahwa kalau itu wisata wahana, maka keamanannya harus tervalidasi. Kalau wisata alam, harus dipastikan terkontrol. Maka monitoring ini memang harus kita lakukan bersama-sama," kata Khofifah, di Batu, Sabtu (30/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesiapan Lokasi Wisata

Khofifah menjelaskan, peninjauan ini juga dilakukan untuk memastikan kesiapan lokasi wisata dalam menerima para pengunjung selama musim liburan Natal 2023 dan perayaan Tahun Baru 2024. ia berharap masyarakat bisa berlibur dengan tenang dan nyaman.

Ia menambahkan, di saat banyak masyarakat berlibur dan memadati kawasan wisata, potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan harus diminimalisasi semaksimal mungkin. Dengan harapan tidak ada korban jiwa saat momen perayaan tahun baru kali ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.