Sukses

6 Fakta Menarik yang Penting untuk Diketahui soal Debat Cawapres di JCC Jakarta pada 22 Desember 2023

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat kedua yang diperuntukkan bagi calon wakil presiden (cawapres), yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat kedua yang diperuntukkan bagi calon wakil presiden (cawapres), yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. 

Debat rencananya akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023, mulai pukul 19.00 WIB.

Ada sejumlah hal yang baru terkait lokasi debat, moderator dan panelis yang akan menyusun pertanyaan buat cawapres. Namun, KPU juga masih mempertahankan sejumlah format debat pertama yang dilakukan saat debat capres. 

Berikut 6 fakta penting debat cawapres yang perlu utuk diketahui:  

1. Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa Ditunjuk sebagai Moderator 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Desember 2023.

"Moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat calon wakil presiden besok tanggal 22 Desember yang pertama adalah Alfito Deannova dari Trans Crop, kemudian yang kedua adalah Kompas TV, Liviana Cherlisa," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Libatkan 11 Panelis, Simak Daftar Nama-Namanya

Berikut daftar nama 11 panelis debat cawapres 22 Desember

1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020),

2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember),

3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023),

4. Fausan Al Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung),

5. Handri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia),

6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN),

7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM),

8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025),

9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro),

10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), dan

11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS)

 

 

 

 

 

 

3 dari 6 halaman

3. Format Debat Tidak Berubah, Terdiri dari 6 Segmen

Ketua KPU Hasyim Asy'ari membeberkan format debat cawapres mendatang. Menurut Hasyim, format debat cawapres tak jauh berbeda dengan format debat calon presiden (capres) di KPU pada Selasa, 12 Desember 2023.

"Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC di jakarta, dan sebagaimana yang sudah kita ikuti bersama pada debat yang pertama, debat capres, nanti format debatnya persis seperti itu, jadi ada 6 segmen," ujar Hasyim di kantor KPU RI, Senin (18/12/2023).

Hasyim menyebut, segmen pertama yakni penyampaian visi misi dan program kerja dari Muhaimin Iskandar, Gibrang Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan yang sudah disusuh oleh para panelis.

"Kemudian segmen kedua dan segmen ketiga nanti akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis, dan yamg akan menyampaikan atau mengajukan pertanyaan yaitu moderator," kata Hasyim.

Untuk segmen keempat dan kelima masing-masing cawapres akan mengajukan pertanyaan yang diajukan cawapres lain.

"Dan juga masing-masing calon wakil presiden diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing calon wakil presiden. Persis seperti kita melaksanakan debat calon presiden yang pertama," ucap Hasyim.

"Kemudian segmen terakhir, segmen keenam nanti clossing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masing calon wakil presiden tentang topik yang dijadikan bahan untuk debat calon wakil presiden," kata Hasyim.

 

4 dari 6 halaman

4. KPU Minta Pendukung Tertib

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) Hasyim Asy'ari meminta kepada para undangan termasuk calon presiden (capres) bersikap tertib dalam debat calon wakil presiden (cawapres) pada Jumat, 22 Desember 2023 mendatang.

Hasyim menyatakan demikian berkaca dari tindakan cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka yang sempat berdiri dan menyemangati capres Prabowo saat debat capres di KPU pada Selasa, 12 Desember 2023 malam.

"Ya dalam rapat evaluasi sudah kita sampaikan hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan yang disepakati di awal, ya misalkan ada cawapres yang memberikan tanda atau kode atau gerakan yang katakanlah menyemangati pendukungnya, sebenarnya itu tidak boleh," ujar Hasyim di kantor KPU RI, Senin (18/12/2023).

Hasyim mengaku sudah menyampaikan evaluasi tersebut kepada tim dari pasangan calon agar mengikuti aturan yang ada. Menurut Hasyim, tim dari pasangan calin sepakat tak membuat suasana gaduh.

 

5 dari 6 halaman

5. Disiapkan Podium untuk Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menyiapkan podium dalam debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023 mendatang.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, adanya podium ini berdasarkan evaluasi dari debat calon presiden (capres).

"Jadi mulai debat kedua (Jumat, 22 Desember 2023) sampai terakhir, masing-masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana, begitu untuk cawapres maupun capres, nanti yang selanjutnya kampanye melalui metode debat ini. Kalau kemarin kan sama sekali tidak ada podium kan, nanti akan pakai podium," ujar Hasyim di gedung KPU RI, Senin (18/12/2023).

 

 

6 dari 6 halaman

6. Cawapres Siap Debat

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan, siap menghadapi debat cawapres perdana yang bakal digelar pada Jumat, 22 Desember 2023.

Meski begitu, dia mengaku belum menyiapkan hal khusus. Termasuk pertanyaan yang nantinya hendak dia tanyakan ke dua cawapres lain, yakni Mahfud Md dan Gibran Rakabuming Raka.

"Ya kita siap siap aja. Tapi kita belum punya rencana menanyakan apa," kata Cak Imin di acara Silahturahmi dengan Pimpinan Majelis Taklim, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/12/2023).

Selain itu, saat ditanyai terkait apakah sudah mempunyai amunisi khusus, Cak Imin juga menyebut belum memiliki persiapan. "Belum siapkan sama sekali," kata dia.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menyatakan bahwa Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka siap untuk menghadapi debat kedua Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Mas Gibran sudah siap (debat kedua pilpres), sejak debat pertama pun sudah siap," kata dia saat ditemui usai menghadiri dalam acara Deklarasi Relawan Nderek Guru untuk Prabowo-Gibran di Kantor Sekretariat DPP Nderek Guru, Jakarta, Minggu 17 Desember 2023.

Selain itu, dia juga menegaskan bahwa TKN Prabowo-Gibran akan selalu mengikuti format debat pilpres yang ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Kami dengan format debat apa pun oke-oke saja, enggak cerewetlah kami," ujar Nusron.

Menurut dia, debat pilpres merupakan sarana untuk mengomunikasikan visi dan misi serta program kerja dari paslon kepada masyarakat luas yang akan dilaksanakan apabila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden.

Sementara, cawapres nomor tiga Mahfud Md mengatakan, dirinya tidak menyiapkan apapun untuk menghadapi debat kedua di Komisi Pemilihan Umum (KPU).p

"Saya ndak menyiapkan apa-apa pokoknya datang," kata Mahfud, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo meyakini bahwa Mahfud akan siap menghadapi debat cawapres nanti.

Sebab, dia menilai Mahfud memiliki kapasitas yang sangat bagus. Sehingga, debat dengan tema apapun dan pertanyaan apa saja akan dijawab dengan baik oleh Mahfud.

"InsyaAllah siap. Pak Mahfud punya kapasitas yang sangat bagus," kata Ganjar, kepada wartawan, di Hotek Grand Sahid, Jakarta, Kamis (14/12).

Ganjar menyebut, jika Mahfud MD akan siap menjawab semua pertanyaan dalam debat yang akan datang.

"Ya seperti pertanyaan nanti yang disiapkan oleh panelis. Kita akan siap untuk menjawab semuanya dengan program yang sudah kita siapkan," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.