Sukses

Semifinal Lomba Baca Kitab Kuning, Ketua PKS Jatim: Santri Harus Ditempatkan di Posisi Terhormat

PKS Jatim menggelar kegiatan rutin tahunan bernama Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) untuk menghargai para santri dan ulama.

Liputan6.com, Surabaya - PKS Jatim menggelar kegiatan rutin tahunan bernama Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) untuk menghargai para santri dan ulama. 

"Dunia pesantren, para ulama dan santri harus ditempatkan pada posisi terhormat agar dapat berkontribusi besar dan menentukan perjalanan bangsa ke depan,. Untuk itulah LBKK ini digelar," kata  Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan saat memberikan sambutan di semifinal LBKK 2023 pada Jumat, 1 Desember 2023.

Menurutnya, bangsa Indonesia tidak cukup dikelola oleh orang-orang pintar. Lebih dari itu membutuhkan orang-orang yang punya komitmen, berintegritas, beriman kuat, serta berakhlak mulia.

"Dan itu semua banyak dikontribusikan dari kalangan pesantren, ulama, dan santri," tegasnya.

Irwan juga mengapresiasi antusiasme para santri Jawa Timur yang jumlahnya disebut menggembirakan.

"Saya mengapresiasi peran para santri milenial dan gen z yang telah turut berpartisipasi dalam lomba baca kitab kuning edisi ke 7 ini. Selalu saja mengembirakan jumlahnya. Antusiasnya luar biasa," katanya.

Peserta LBKK dari Jatim menjadi urutan peserta terbanyak kedua secara nasional setelah Jawa Barat. Dengan jumlah peserta sebanyak 231 orang santri muda milenial dan gen z sebagai peserta.

Baginya, pemuda tidak boleh hanya ditempatkan sebagai penerima manfaat dari suatu program kegiatan, tetapi juga harus terlibat sebagai pengendali dalam prosesnya.

"Tidak sekadar sebagai objek tapi sebagai subjek. Tentunya santri dan santriwati bagian tidak terpisahkan didalamnya. Termasuk para peserta LBKK VII ini," kata Kang Irwan.

Dalam setiap kehidupan masyarakat, ia menambahkan, pemuda menjadi kekuatan yang diharapkan dapat membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

"Jika kaum mudanya sudah memaksimalkan potensi diri masing-masing, maka bisa dipastikan masa depan masyarakatnya akan berubah menjadi lebih baik," kata caleg DPRD Provinsi dari dapil Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkontribusi Positif Selesaikan Permasalahan Bangsa

Riyadh Rosyadi anggota Fraksi PKS DPRD Jatim saat membuka kegiatan Semi Final LBKK ini menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan punya kontribusi positif untuk menyelesaikan permasalahan bangsa.

"Dengan terselenggaranya kegiatan ini, semoga Allah naikkan derajat, bukan hanya partai ini yang rutin menyelenggarakan, tapi juga untuk bangsa Indonesia," katanya.

Pria yang kerap dipanggil Rosyad itu kemudian menyitir surat Al Mujadilah ayat ke 11 yang menyebutkan bahwa Allah subhanahu wa ta'ala akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat.

"Jika sudah ditinggikan, seluruh urusan akan Allah mudahkan. Tidak hanya untuk PKS dan para peserta, namun juga bangsa ini. Semoga kesulitan-kesulitan bangsa ini dimudahkan Allah, karena derajat yang ditinggikan," harap Rosyad.

"Semoga jadi salah satu investasi terbaik melalui partai ini untuk bangsa dan negara yang kita cintai," katanya. Semi Final LBKK Jatim ini dimenangkan Alfoun Fajar Mubarak, santri Pondok Pesantren Raudhatul Muta'allimin al Aziziyah 1 Bangkalan.

Menurut Ketua Panitia Muhammad Aziz, Alfoun mengalahkan 15 peserta yang merupakan pemenang LBKK dari masing-masing 5 zona di Jawa Timur.

Ia menjelaskan, zona A berasal dari Probolinggo, Situbindo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Zona B dari Malang Raya, Kota dan Kabupaten Pasuruan, Blitar, dan Kediri. Zona C berasal dari Jombang, Madiun, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek.

Sementara Zona D berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, dan Zona E dari Bangkalan, Sampang Pamekasan dan Sumenep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.