Sukses

Perekam Data Penerbangan Super Tucano Jatuh di Pasuruan Ditemukan, TNI AU Pastikan Investigasi Dilakukan Sesuai Prosedur

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati menyatakan, perekam data penerbangan dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano yang jatuh di Kabupaten Pasuruan pada Kamis 16 November 2023 telah ditemukan.

Liputan6.com, Malang - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati menyatakan, perekam data penerbangan dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano yang jatuh di Kabupaten Pasuruan pada Kamis 16 November 2023 telah ditemukan.

Perekam data tersebut bernama Video Data Recorder (VDR) dan Network Centric Data Cartridge (NCDC).

"Jadi alat ini sudah bisa didatangkan, dan sudah bisa dibawa ke Lanud Abd Saleh. Keduanya (dari dua pesawat) sudah ditemukan," kata Agung, ditulis Senin (20/11/2023).

Agung menjelaskan, dengan ditemukannya perekam data penerbangan dua pesawat Super Tucano yang jatuh tersebut, diharapkan bisa didapatkan data awal mengenai apa yang terjadi, hingga menyebabkan dua pesawat tersebut jatuh.

Menurutnya, dalam perekam data penerbangan tersebut, menyimpan sejumlah data seperti video penerbangan hingga saat terakhir, komunikasi pilot, performa pesawat, kecepatan, ketinggian, data mesin, hingga kondisi terakhir.

Ia memastikan proses investigasi akan dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku oleh Pusat Kelaikan dan Keselamatan Terbang dan Kerja TNI AU (Puslaiklambangjaau). Dalam penyelidikan, tim tidak bisa menyimpulkan sebuah peristiwa tanpa data yang lengkap.

"Dalam penyelidikan (kecelakaan) pesawat modern, kita tidak hanya melihat mesin. Tapi ada 5M, yakni orangnya, mesin peralatan, misi, manajemen dan termasuk hal lain seperti kondisi cuaca dan lainnya," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jatuh Usai Take Off di Lanud Abdul Rachman Saleh

Ia juga meminta kepada masyarakat jika memiliki rekaman video pada saat pesawat sedang terbang dan melakukan formasi, untuk bisa disampaikan ke TNI Angkatan Udara. Video tersebut menjadi bagian penting penyelidikan kecelakaan pesawat tersebut.

"Kami mohon, yang mendapatkan gambar dan video, agar bisa disampaikan ke kami. Khususnya gambar pesawat yang sedang terbang, formasi di atas pegunungan," katanya.

Dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI Angkatan Udara jatuh di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11) siang kurang lebih pukul 12.00 WIB. Dua pesawat itu bernomor registrasi TT-3111 dan TT-3103 yang tengah melakukan sesi latihan rutin.

Pesawat tersebut take off pada pukul 10.51 WIB dan hilang kontak pada pukul 11.18 WIB. Dua pesawat mengalami hilang kontak usai melakukan manuver formasi dan menembus awan. Dugaan awal, jatuhnya pesawat tempur tersebut akibat cuaca buruk.

Dalam peristiwa itu, ada empat korban meninggal dunia yakni Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Subhan, Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Widiono Hadiwijaya, Kolonel Penerbang (Anumerta) Sandhra Gunawan dan Letkol Penerbang (Anumerta) Yuda A. Seta.

3 dari 3 halaman

Panglima TNI Yudo Margono Temui Keluarga Korban

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Kabupaten Malang Jawa Timur Minggu menemui keluarga prajurit korban jatuhnya dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano dan menyebabkan empat orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati di Kabupaten Malang Jawa Timur Minggu mengatakan bahwa Panglima TNI juga menyampaikan rasa duka cita mendalam atas gugurnya prajurit TNI Angkatan Udara itu.

"Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono berkunjung bersama istri untuk takziah ke rumah empat prajurit terbaik TNI Angkatan Udara," kata Agung.

Agung menjelaskan, dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Pada kesempatan itu Panglima TNI juga menyampaikan penghargaan atas Dharma Bakti para prajurit ke keluarga masing-masing.

"Panglima TNI menyampaikan bela sungkawa yang mendalam dan penghargaan atas Dharma Bakti para prajurit," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.