Sukses

Pedang Pora hingga Reog Ponorogo Warnai Penyambutan Kapolda Baru Jatim Irjen Imam Sugianto

Jajaran Polda Jawa Timur menggelar Pedang Pora, Tari Baskala dan reog Ponorogo untuk menyambut Kapolda Jatim yang baru, Irjen Pol Imam Sugianto.

 

Liputan6.com, Surabaya - Jajaran Polda Jawa Timur menggelar Pedang Pora, Tari Baskala dan reog Ponorogo untuk menyambut Kapolda Jatim yang baru, Irjen Pol Imam Sugianto.

Usai turun dari mobil, Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto beserta istri disambut Waka Polda Jatim Brigjen Pol Akhmad Yusep Gunawan beserta istri, berjalan di atas karpet merah menuju gedung

Tradisi pedang pora itu dilakukan di halaman Mapolda Jatim, Senin (30/10/2023) dan diikuti seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, Kapolres/ta jajaran Polda Jatim, serta segenap anggota.

Pasukan pedang pora berjejer di pinggir kiri-kanan. Masing-masing bergiliran membuka pedang ketika keduanya mendekat, memberi jalan menuju gedung Utama Mapolda Jatim.

Penyambutan Kapolda Jatim yang baru itu dengan tari Beskalan, yang merupakan salah satu kesenian khas Malang. Tari tradisional ini awalnya difungsikan sebagai tarian ritual atau tari upacara. Tari Beskalan biasanya diadakan pada saat ritual yang berkaitan dengan ritus tanah atau kesuburan tanah.

Namun seiring berjalannya waktu, kini menjadi tari penyambutan. Tari Beskalan ditarikan dengan mengusung gerakan yang lincah, dinamis dan feminim sebagai gambaran atau pencitraan tarian seorang perempuan.

Irjen Pol Imam Sugianto resmi menjabat Kapolda Baru Jawa Timur menggantikan Irjen Toni Hermanto. Pelantikan Imam Sugianto dilakukan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri pada Rabu 18 Oktober lalu.

Irjen Imam Sugianto adalah jenderal kelahiran di malang Jawa Timur, 11 Maret 1967. Dia pernah menjadiajudan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jabatan yang pernah diembannya adalah Waka Polda Yogyakarta, Karobinops Sops Polri, Waka Polda Kalimantan Barat, Asisten Operasi Kapolrii, Kapolda Kalimantan Timur dan terakhir sebagai Kapolda Jawa Timur.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Jadi Kapolres Gresik dan Kota Bekasi

Selain itu, jabatan lain adalah Kasat Intelkam Polwiltabes Surabaya, Kapolresta Surabaya Timur, Kapolres Gresik (2008), Sespri Kapolri, Kapolres Metro Bekasi Kota (2009), Kapolres Metro Jakarta Selatan (2011).

Irjen Imam Sugianto juga pernah menjadi ajudan Presiden RI SBY (2012), Waka Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (2014), Karobinops Sops Polri (2015), Wakapolda Kalimantan Barat[1] (2019), Asisten Operasi Kapolri (2020) Kapolda Kaltim (2021) dan pada 14 Oktober 2023 Kapolda Jawa Timur.

Mutasi dan rotasi sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri tertuang dalam surat telegram dengan nomor ST/2360/X/KEP./2023 sebanyak 55 personel dilakukan mutasi dan rotasi jabatan.

Dari puluhan Pati dan Pamen Polri yang dimutasi dan dirotasi, diantaranya jabatan Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri yang dijabat Komjen Pol Anang Revandoko akan digantikan Irjen Pol Imam Widodo.

Kemudian ada 6 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda). Pertama Kapolda Jawa Timur yang dijabat Irjen Pol Toni Hermanto akan digantikan oleh Irjen Pol Imam Sugianto, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.