Sukses

Tri Tito Karnavian: Kader PKK Harus Jadi Motor Gerakan Nasional Pemberdayaan Keluarga dan Masyarakat

Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian meminta para pengurus dan kader TP PKK di seluruh Indonesia menjadi motor gerakan nasional dalam pemberdayaan keluarga dan masyarakat.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian meminta para pengurus dan kader TP PKK di seluruh Indonesia menjadi motor gerakan nasional dalam pemberdayaan keluarga dan masyarakat.

Hal itu disampaikannya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP PKK Tahun 2023 di Jakarta, Senin (11/9/2023).

"Oleh karena itu, tema Rakornas yang kita tetapkan adalah, ‘Kader PKK dan 10 Program Pokok PKK Melaju Menuju Indonesia Maju," katanya.

Tema ini menunjukkan, Penggerak PKK sebagai kelembagaan yang besar, secara konsekuen menjadi motor gerakan nasional dalam pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat. Sebab, di situlah terletak dasar-dasar pembangunan bangsa dan negara.

Ia menaruh harapan besar, agar Rakornas ini menghasilkan nilai tambah bagi pengembangan program-program PKK. "Oleh karena itu, manfaatkanlah pertemuan ini sebagai forum tukar informasi dan pengalaman dalam rangka pengembangan Gerakan PKK," tuturnya.

Selain itu, ia juga berharap Rakornas ini dapat menambah pemahaman dan wawasan para anggota maupun pengurus TP PKK. Hal ini terutama mengenai berbagai kebijakan terkini terkait dengan strategi penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan pembangunan nasional.

"Dua hal ini menjadi penting untuk dipahami bersama, karena manajemen pemerintahan dan manajemen pembangunan itu terkait erat dengan posisi dan peranan strategis TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah, dan yang telah terbukti program-programnya selaras dengan program pemerintah," kata Tri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiprah Gerakan PKK di Seluruh Nusantara

Tri juga mengungkap kiprah Gerakan PKK di seluruh pelosok nusantara yang sudah lebih dari setengah abad. Kiprah tersebut merupakan bukti bahwa kehadirannya memang diperlukan oleh masyarakat.

Mengingat kiprah dan kontribusinya itu, maka menurutnya sangat wajar bila Gerakan PKK perlu didukung dan difasilitasi oleh pemerintah maupun para pemangku kepentingan lainnya.

"Selaku Ketua Umum Tim Penggerak PKK, saya senantiasa memberikan dorongan, motivasi, dan semangat untuk pengembangan program-program Tim Penggerak PKK," imbuhnya.

Rakornas tersebut turut dihadiri oleh jajaran TP PKK Pusat, Ketua TP PKK Provinsi, Ketua TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kota se-Indonesia, Kepala Bappeda Provinsi, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi se-Indonesia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.