Sukses

Bandara Banyuwangi Bidik 4 Rute Penerbangan Baru, Termasuk ke Arab Saudi untuk Umrah

Bandara Banyuwangi menjajaki penambahan rute penerbangan baru. PT Angkas Pura II, selaku pengelola, tengah menjajaki empat rute baru, salah satunya rute Banyuwang- Arab Saudi.

Liputan6.com, Banyuwangi - Bandara Banyuwangi menjajaki penambahan rute penerbangan baru. PT Angkas Pura II, selaku pengelola, tengah menjajaki empat rute baru, salah satunya rute Banyuwang- Arab Saudi.

Manager of Operasional Service and Maintenance PT Angkasa Pura II di Banyuwangi Pranata Sembiring mengatakan, slot penerbangan yang sedang dijajaki adalah dua rute penerbangan dalam negeri dan dua rute penerbangan luar negeri.

“Keempat rute itu, yaitu rute Banyuwangi- Surabaya, Banyuwangi- Denpasar, Banyuwangi – Kualalupur Malaysia dan Banyuwangi- Jeddah, Arab Saudi,” ujar Pranata Sembiring, Jumat (11/8/2023).

Kata dia, untuk rute penerbangan Banyuwangi- Arab Saudi, khusus untuk umrah dan rencana akan menggunakan maskapai Lion Air. Sedangkan dua rute penerbangan dalam negeri itu sebelumnya sudah pernah ada, namun karena pandemi Covid-19, kedua slot rute penerbangan tersebut vakum.

“Lagi di progres kita berkoordinasi dengan Dishub, dari awal tahun sampai sekarang itu sudah digalakkan untuk umrah dari Banyuwangi ke Mekah. Ini sudah tahap sampai pembahasan ke Kementerian perhubungan,” paparnya.

 Dia berharap bisa disetujui. Kalau disetujui Bandara Internasional kita bisa aktif kembali. Untuk yang tambahan lainya ke Kualalumpur dan ini pun sedang kami koordinasikan,” kata Pranata.

PT Angkasa Pura II sendiri terus mendorong untuk memaksimalkan slot penerbangan menuju pemulihan seperti sebelum pandemi Covid-19. Menurut Prananta, penjajagan rute tersebut merupakan bentuk komitmen PT Angkasa Pura II terhadap pemilihan ekonomi strategis nasional khususnya di Timur Jawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

"Smoga empat rute ini bisa segera terealisasi, sehingga pemulihan ekonomi di Banyuwangi bisa cepat seiring terus berkembangnya Bandara Banyuwangi ini,” tegasnya.

Sementara itu, untuk saat ini di Bandara Banyuwangi, sudah ada 3 maskapai penerbangan yang beroperasi, yaitu Batik Air, Citilink dan Superjet air. Ketiga maskapai ini melayani rute penerbangan Banyuwangi- Jakarta PP.

"Dengan bertambahnya rute penerbangan ini nantinya, Bandara Banyuwangi akan semakin berkembang,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.