Sukses

Resmi Tinggalkan Chelsea Usai 11 Tahun Bersama, Cesar Azpilicueta: Waktu Saya di Sini Sangat Luar Biasa

Cesar Azpilicueta memutuskan hengkang meninggalkan Chelsea setelah 11 musim membela klub Liga Premier Inggris tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Cesar Azpilicueta memutuskan hengkang meninggalkan Chelsea setelah 11 musim membela klub Liga Premier Inggris tersebut.

Azpilicueta menjadi andalan Chelsea sejak dia tiba dari tim Ligue 1 Olympique de Marseille pada 2012. Selama bersama The Blues, dia 500 kali tampil di semua kompetisi, mencetak 17 gol, memberikan 56 assist dan memenangkan setiap gelar utama bersama klub Inggris itu.

"Sulit untuk mengutarakan perasaan saya, waktu saya di sini sangat luar biasa," kata Azpilicueta dalam video perpisahannya yang diunggah di situs resmi Chelsea, Kamis 7 Juli 2023.

Azpilicueta merasa sudah memberikan segalanya. Saya menyukainya. Dia menyebutkan bahwa momen terbaik dalam kariernya adalah memenangkan Liga Champions bersama Chelsea.

"Sudah sangat jelas bahwa momen terbaik dalam karier adalah saat memenangkan Liga Champions di Porto. Trofi pertama saya sebagai kapten."

"Chelsea adalah rumah saya, akan selalu menjadi rumah saya dan saya berharap bisa kembali lagi dengan peran berbeda," katanya.

Pemilik Chelsea asal Amerika Serikat, Todd Boehly menyebut Cesar Azpilicueta adalah legenda klub dan telah meninggalkan jejak abadi di klub.

"Cesar meninggalkan jejak abadi di Chelsea, sebagai seorang pejuang, sebagai juara, dan sebagai legenda setia Chelsea," kata pemilik Chelsea Todd Boehly dalam pernyataan di situs resmi klub.

"Dia telah menetapkan standar di klub selama lebih dari satu dekade dan menunjukkan kepada semua orang apa yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Chelsea Datangkan Dua Pemain Baru

Bek timnas Spanyol berusia 33 tahun itu diperkirakan akan bergabung dengan klub LaLiga Atletico Madrid sebagai pemain bebas transfer setelah Chelsea setuju untuk melepaskannya meski kontraknya masih tersisa 12 bulan lagi.

Bersama Chelsea, Azpilicueta berhasil memenangkan Liga Champions, dua Liga Premier Inggris, dua trofi Liga Europa, Piala FA, Piala Liga, Piala Super UEFA dan Piala Dunia AntarKlub.

Dia menjadi pemain Chelsea terbaru yang yang meninggalkan Stamford Bridge di bursa transfe musim panas ini, termasuk Kalidou Koulibaly, N'Golo Kante dan Edouard Mendy yang semuanya bergabung dengan klub Arab Saudi.

Kai Havertz, Mateo Kovacic dan Mason Mount masing-masing bergabung dengan Arsenal, Manchester City, serta Manchester United.

Sementara itu, Chelsea sejauh ini telah mendatangkan dua pemain baru yaitu Christopher Nkunku, Nicolas Jackson dan juru taktik anyar Mauricio Pochettino.

3 dari 3 halaman

Dukungan Para Legenda Chelsea

Kepergian Cesar Azpilicueta mendapat respons dari John Terry. Dia menuliskan: "Love ya mate. Thank you & Good luck. Legend".

Lalu, ada pula Petr Cech yang menuliskan,"Mucha suerte crack! @cesarazpi".

Pemain lain yang juga pernah membela Chelsea Gary Cahill pun menuliskan hal senada,"Absolute legend. Good luck with your new chapter mate. One of the very best".

Sejumlah fans pun ikut memberikan komentar dalam unggahan tersebut. Banyak dari mereka yang mengucapkan terima kasih atas kebersamaannya selama membela Chelsea dan memberikan semangat untuk perjalanan karir Cesar Azpilicueta selanjutnya.

Melalui unggahan lain bersama klub lewat video pendek, ia juga mengutarakan perasaan harunya saat berpisah dengan Chelsea. "Ini adalah rumah saya, dan saya berharap bisa bertemu lagi dengan yang lain ketika kembali lagi suatu hari," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.