Sukses

Terdampak Gempa Bantul Yogyakarta, Youtuber di Surabaya Rasakan Goyangan hingga 10 Detik

Sebagian masyarakat Surabaya merasakan gempa magnitudo 6,4 yang terjadi di wilayah Kabupaten Bantul Yogyakarta (DIY), Jumat malam 30 Juni 2023.

Liputan6.com, Surabaya - Sebagian masyarakat Surabaya merasakan gempa magnitudo 6,4 yang menggoyang Kabupaten Bantul Yogyakarta (DIY), Jumat malam 30 Juni 2023.

Salah satu wilayah yang terasa gempa di antaranya berada di Jalan Keputih, Panjang Jiwo hingga Gubeng.

"Ya terasa kencang, posisi aku di kamar tiba-tiba terasa bergoyang-goyang, saya pikir saya yang pusing, setelah lihat di internet ternyata memang ada gempa," ucap salah seorang warga Keputih, Budiono, di Surabaya, Jumat malam.

Menurut pria yang juga seorang youtuber tersebut, gempa tersebut terasa saat dirinya berada di atas tempat tidur untuk beristirahat.

"Posisi saya sudah di atas tempat tidur, kira-kira sekitar 10 detik getarannya, tak pikir aku seng nggliyeng ternyata onok gempa temenan (saya pikir saya yang pusing, ternyata ada gempa betulan), katanya.

Selain Budiono, ada juga Emma salah seorang warga Panjang Jiwo, Surabaya, juga merasakan dampak gempa Bantul.

"Tak kiro sirahku seng nggliyeng ternyata gempa (Saya kira kepalaku yang pusing ternyata gempa)," tulisnya di status WhatsApp.

Namun, ada juga Bagus Prasetya yang bertempat tinggal di daerah Gubeng, Surabaya, yang tidak merasakannya, namun air dari dalam akuariumnya bergetar seperti tidak biasanya.

"Tidak terasa, tapi air akuarium saya di dalam kamar bergetar," ucapnya.

Begitu juga dengan Abdul Muin, yang sedang bekerja di lantai dua kantornya yang berada di wilayah Tegalsari, Surabaya.

"Saya tidak merasakannya, normal-normal saja, tapi lihat di status teman-teman kok ada yang terasa," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1 Orang Meninggal Dunia

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul Yogyakarta, Agus Yuli Herwanta mengungkapkan kondisi terkini terkait dampak gempa magnitudo 6,4 di Bantul Yogyakarta. Dalam bencana ini, dilaporkan ada satu warga Bantul yang meninggal dunia.

"Ada yang luka satu orang itu karena berlari takut itu jatuh, tetapi juga ada yang meninggal dunia 1 (orang) karena kaget, itu (data) yang sementara," kata Agus Yuli dalam jumpa pers dengan BMKG, Jumat malam (30/6/2023).

Dia mengungkapkan, gempa Bantul Yogyakarta juga berdampak pada 31 rumah yang mengalami kerusakan. Lokasi terdampak gempa tersebut berada di 12 kecamatan.

"Sementara sampai saat ini proses pendataan juga masih berlangsung, yang sementara tercatat ada 31 rumah tadi 12  kecamatan," katanya.

Sebelumnya warga sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) merasakan guncangan kuat gempa magnitudo (M)6,4. BMKG merilis fenomena geologi ini pada Jumat (30/6), pukul 19. 57 WIB. Pusdalops BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD terdampak.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga pukul 20.40 WIB, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menginformasikan 2 rumah warga rusak ringan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jateng imbas gempa Bantul Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.