Sukses

500 Bonek Geruduk Solo Jelang Persebaya Vs Persis, Gibran: Yang Boleh Masuk Hanya 10 Bus

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka siap menyambut kehadiran suporter Persebaya atau Bonek saat Persebaya laga persahabatan melawan tuan rumah Persis di Stadion Manahan Solo, Sabtu (24/6) malam.

 

Liputan6.com, Solo - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka siap menyambut kehadiran suporter Persebaya atau Bonek saat Persebaya laga persahabatan melawan tuan rumah Persis di Stadion Manahan Solo, Sabtu (24/6) malam.

"Pertandingan persahabatan antara Persis Solo melawan Persebaya Surabaya akhirnya akan dihadiri suporter Persebaya sebanyak 500 penonton dengan menumpang 10 unit bus menuju Solo," kata Gibran di Solo, Sabtu (24/6/2023).

"Kami sudah koordinasi dengan Chief Executive Officer (CEO) Persebaya Azrul Ananda, Tim Persebaya, dan Kepala Polresta Surakarta. Suporter yang boleh masuk di Kota Solo hanya 10 bus itu saja," kata Gibran.

Menurut Gibran suporter Persebaya yang naik kereta api sendiri atau naik motor tidak boleh. Nanti ada penyekatan di batas kota. Suporter yang diizinkan masuk Solo harus yang naik 10 unit ini, sesuai kesepakatan bersama.

Selain itu, pihaknya sudah sepakat menyambut kedatangan para suporter Persebaya tetapi melalui bus yang sudah disediakan panitia.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan pihaknya tidak ingin laga persahabatan ini menjadi kehilangan makna karena ada hal-hal yang tidak dipersiapkan dengan baik.

Oleh karena itu, pihaknya tentunya yang akan mengamankan pertandingan bekerja sama dengan pemangku kepentingan (stakehoder) yang lainnya baik dari TNI maupun komponen yang lainnya akan mempersiapkan antisipasinya.

Setelah ini, membicarakan soal suporter dengan CEO Persebaya Asrul Ananda, untuk tehnisnya. Artinya, yang disampaikan Wali kota pemberangkatan bonek itu, dilaksanakan secara kolektif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilarang Berangkat Sendiri-Sendiri

Hal ini, artinya dengan menggunakan bus yang sudah dipersiapkan panitia khusus, sehingga tidak ada suporter yang berangkat ke Solo sendiri-sendiri. Apalagi menggunakan kendaraan bermotor roda dua dilarang masuk Solo.

Menurut Kapolres nanti pola-pola pengamanan akan disesuaikan dengan jumlah penonton dari Persebaya yang akan hadir di Stadion Manahan Solo. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Polres Sragen terkait penjagaan di batas kota. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.